Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq)

Sebelum lebih jauh mengenal tumbuhan kelapa sawit alangkah baiknya Kita  terlebih dahulu mengetahui Klasifikasi Dan morfologi dari tanaman yang mempunyai nama latin Elaeis guineensis Jacq.

Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq)
Kelapa sawit adalah salahsatu komoditi perkebunan yang sangat meningkat akhir-akhir tahun ini dikarenakan kebutuhan yang berasal dari bahan baku kelapa sawit terus meningkat ditiap tahunnya.

Untuk mengenal dan mengetahui tentang Klasifikasi dan morfologi tanaman kelapa sawit berikut ini adalah rinciannya

Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq)
Kingdom :
Plantae
Infra Kingdom :
Streptophyta
Sub Kingdom :
Viridiplantae
Divisi :
Tracheophyta
Super Divisi :
Embryophyta
Sub Divisi :
Spermatophytina
Ordo :
Arecales
Kelas :
Magnoliopsida
Genus :
Elaeis Jacq
Famili :
Arecaceae
Spesies :
Elaeis guineensis Jacq

1. Morfologi akar kelapa sawit

Kelapa sawit atau Elaeis guineensis Jacq mempunyai sistem perakaran serabut yang mengarah ke bawah tanah (geotropis) dan melebar kesamping. pada bagian akar tanaman kelapa sawit memiliki ujung yang runcing dengan warna putih atau kekuningan jika sudah tua.

2. Morfologi batang kelapa sawit

Pada batang tanaman kelapa sawit yang masih muda tidak bisa terlihat dikarenakan tertutup oleh daun pelepah. pelepah akan terlepas dengan sendirinya jika umur kelapa sawit sudah mulai tua. Tanaman kelapa sawit memliki batang jenis tunggal yang tidak memiliki cabang dengan tinggi batang berkisar 10 - 18 meter. layaknya tanaman palm-palman Batang kelapa sawit tidak berkambium dan berukuran diameter sekita 30-80 cm.

3. Morfologi Daun kelapa sawit

Daun kelapa sawit tersusun majemuk, bersirip genap, dan bertulang sejajar. dengan berwarna hijau dan pelepahnya sedikit lebih muda. Daun-daun dari kelapa sawit membentuk satu pelepah yang mempunyai panjang sekitar 7-9m. setiap bualan tanaman kelapa sawit muda ditumbuhi 3-4 daun, sedangkan tanaman yang sudah tua hanya 2-3 daun saja.

4. Morfologi Buah Kelapa sawit

Buah dari tanaman kelapa sawit disebut juga dengan nama fructus. warna dari buah kelapa sawit bermacam-macam, mulai dari berwarna ungu, hitam, oranye, sampai berwarna merah, semua itu tergantung dari varietas dan umurnya buah tanaman kelapa sawit.

Secara anatomi buah ini terdiri dari dua bagian yakni parikarium pada bagian pertama yang terdiri dari epikarium dan mesokarium. Sedangkan bagian kedua dari buah kelapa sawit adalah biji yang terdiri dari endokarpium, endosperma, dan embrio.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments