Klasifikasi dan Morfologi tanaman Vanili (Vanilla planifolia)

Klasifikasi dan Morfologi tanaman Vanili (Vanilla planifolia)

Klasifikasi dan Morfologi tanaman Vanili – Vanili adalah tumbuhanyang mempunyai nilai atau harga jual tinggi, budidaya vanili sering dijadikansebagai tanaman tumpangsari dari tanaman pokoknya, walaupun tanaman ini merupakanjenis tanaman tahunan sehingga sering dijadikan tanaman tumpangsari, Buah vanili menjadi bahan baku untuk pengharum makanan ataupun sebagai bahan baku kosmetik

Vanili (Vanilla planifolia)
Artikel kali ini blog sampul pertanian akan membahas secarasingkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman Vanili (Vanilla planifolia). Adapun rinciannya adalah sebagaiberikut,

Vanili (Vanilla planifolia)
Kingdom
: Plantae
Subkingdom
: Tracheobionta
Superdivisi
: Spermatophyta
Divisi
: Magnoliophyta
Kelas
: Liliopsida
Subkelas
: Liliidae
Ordo
: Orchidales
Famili
: Orchidaceae
Genus
: Vanilla
Spesies
: Vanilla planifolia Andrews

Morfologi

1. Akar tanaman vanili

Vanili mempunyai akar 2 jenis yakni akar pada batang dan akar yang dalam, akar pada batang biasanya tumbuh pada bagian bawah daun yang berfungsi sebagai perambat pada tanaman, dengan akar ini vanili bisa disebut sebagai tumbuhan penempel sedangkan akar dalam adalah akay yang tumbuh dan berkembang kedalam tanah yang berfunsi sebagai menyerap unsur hara dari tanah.

2. Batang

tumbuhan vanili mempunyai batang berwarna hijau yang berbentuk slindris, sifat dari batang vanili ini succulent atau berair agak lunak, pada setiap 5-15 cm terdapat ruas atau buku-buku yang ditumbuhi daun dan akar.

3. Daun

daun vanili berbentuk elips dengan pada bagian ujungnya lancip, daun tanaman ini agak tebal dengan ukuran panjang 10-22 cm dan lebar daun 5-7 cm tergantung tempat tumbuhnya, warna dari daunnya dalah hijau ketika masih muda dan menguning ketika sudah tua.

4. Bunga

bagian bunga dari tanaman vanili ini berbentuk tandan yang terdiri dari 15-20 bunga pertangkai dengan panjang setiap tangkai 5-10 cm, dengan mempunyai bentuk seperti terompet, bunga vanili terdiri dari 6 helai daun tajuk yang masing-masing terlepas satu sama lain. penyerbukan tanaman vanili ini dilakukan secara alami namun untuk meningkatkan produksi bisa dibantu dengan penyerbukan buatan.

6. Buah

morfologi dari buah vanili mempunyai bentuk yang panjang dengan panjang 12/25 cm berbentuk lunak dan mempunyai polong. warna dari buat vanili adalah hijau namun ketika sudah tua buag akan berwarna kuning kecoklatan dan jika mengering akan pecah memanjang dengan sendirinya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments