Anginnya kencang ya.. Apa sih pengaruhnya terhadap tanaman?

Anginnya kencang ya.. Apa sih pengaruhnya terhadap tanaman?

Akhir-akhir ini cuaca diluar cukup berangin, angin yang ditimbulkannya pun cukup lebih besar dibanding pada musim biasanya, lantas apa sih pengaruhnya terhadap tanaman? sebelum membahas lebih jauh mari kita mengetahui dulu apa sih angin itu, menurut sumber dari wikipedia, angin merupakan aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.

Mata angin
Sebenarnya dalam dunia pertanian angin merupakan faktor terpenting dalam perkembangbiakan tanaman, salahsatu contohnya dengan angin tanaman bisa melakukan penyerbukan secara alami selain itu juga angin mengatur kelembabab udara yang ada disekitar.

Lantas bagaimana jika angin yang ditimbulkan sangat kencang, apakah ada pengaruhnya terhadap tanaman? ternyata pengaruh angin kencang terhadap tanaman bisa sangat merugikan, adapun kerugiannya terhadap tanaman adalah sebagai berikut,

1. Mengagalkan proses penyerbukan
angin yang sangat kencang akan membawa serbuk sari jauh terbang sehingga penyerbukan yang terjadi bisa saja gagal yang selanjutnya calon buah atau bunga akan layu dan tidak berkembang.

2. Rontoknya calon buah
angin kencang seringkali merontokan calon atau buah yang masih kecil, hal itu tentunya sangat merugikan bagi para petani terutama petani tanaman musiman.

3. Mengakibatkan rebah atau robohnya tanaman
hal ini tentu sangat merugikan petani jika tanaman nya sampai romboh atau tumbang, untuk tanaman padi sendiri jika tanaman padinya sudah rebah maka akan berpengaruh kepada hasil dari bulir padi itu sendiri, sedangkan bagi tanaman keras tentunya hal itu kan sangat merugikan karena pohonnya tumbang.

4. Penyebaran virus dan jamur sangat cepat
bagi tanaman padi angin sangat berguna karena akan membantu proses penyerbukan, namun apa yang terjadi jika anginnya kencang, kerugiannya tentunya perkembangan virus dan jamur akan sangat cepat, karena angin akan menimbulkan gesekan-gesekan kesetiap daun pada tanaman yang terinfeksi dan akan terus menyebar.

Demikian pengaruh angin kencang terhadap tanaman, semoga arikel ini bisa memberikan pengetahuan kepada kita semua, akhir kata terimakasih sudah berkunjung ke blog sampulpertanian, salam pertanian.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments