KOMBUCHA : Jamur Teh yang berkhasiat

KOMBUCHA : Jamur Teh yang berkhasiat

Kombucha? Jujur pertama mendengar namanya terasa asing ditelinga, namun tahukah kamu, kombucha ini ternyata sudah ada sejak zaman dulu. Ya, kombucha ini merupakan salahsatu minuman tradisional pada abad 20 yang berasal dari negara bagian Asia timur.


Kombucha
Kombucha ini dihasilkan dari Fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter berupa mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dengan lama fermentasi selama 8 sampai 12 hari.

Dikutip dari Wikipedia, Pada dasarnya Kombucha sendiri adalah membran jaringan jamur yang bersifat gelatinoid dan liat, yang hidup dalam lingkungan nustrisi teh manis yang akan tumbuh secara berulang sehingga membentuk susunan piringan berlapis. Piringan pertama akan tumbuh pada lapisan paling atas yang akan memenuhi lapisan, kemudian disusul oleh pertumbuhan piringan berlapis-lapis dibawahnya yang akan menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat dan sehat.

Masih disumber yang sama, menyebutkan bahwa selama proses fermentasi kultur dari jamur kombucha ini akan menghasilkan sejumlah alkohol, karbondioksida, vitamin B, vitamin C, serta berbagai jenis asam organik yang sangat penting bagi metabolisme tubuh manusia seperti asam asetat, asam glukonat, asam glukoronat, asam oksalat, dan asam laktat.

Untuk khasiatnya sendiri, Teh Kombucha ini sudah banyak sekali diteliti oleh para ahli, yang menyatakan bahwa teh kombucha sangat baik untuk,
  • Mengobati masalah sembelit
  • Memperbaiki kondisi tubuh
  • Bermanfaat untuk melawan arteriosclerosis
  • Memulihkan fungsi dari alat pencernaan
  • Bermanfaat bagi penderita stres mental
  • Menawarkan reaksi racun
  • Membunuh kanker
Selain itu, kandungan yang terdapat dalam minuman kombucha berupa asam glukona dapat memperkuat daya tahan kekebalan tubuh anda terhadap infeksi dari luar serta mempunyai kemampuan untuk mengikat racun dan mengeluarkannya dari tubuh lewat urin. Kandungan antimikroba pada minuman kombucha mampu menghambat pertumbuhan Shigella sonmei, E. coli , dan Salmonella typhimurium.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba teh kombucha ini? namun sayang sekali di Indonesia masih jarang sekali yang memjualnya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments