Klasifikasi dan Morfologi Rumput Pinto (Arachis pintoi)

Klasifikasi dan Morfologi Rumput Pinto (Arachis pintoi)

Arachis pintoi atau rumput kacang-kacangan ini merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai tanaman penutup tanah, rumput pinto ini adalah jenis tanaman legum yang memiliki karakteristik tumbuh yang menjalar.


Rumput Kacang-kacangan Pinto (Arachis pintoi)
Tanaman Arachis pintoi menurut beberapa artikel merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika Selatan, tepatnya dari negara Brazil. Seiring waktu tanaman ini sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Arachis pintoi mampu tumbuh dengan baik di negara-negara tropis maupun negara subtropis. Rumput pinto juga juga bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah dan dataran tinggi hingga ketinggian 1.400 mdpl.

Klasifikasi Rumput Pinto (Arachis pintoi)

Tanaman yang tergolong tanaman legum ini mempunyai klasifikasi dan morfologi sebagai berikut:

Klasifikasi Rumput Pinto
(Arachis pintoi)
Kingdom
Subkingdom
Super Divisi
Divisi
Kelas
Sub kelas
Ordo
Famili
Genus
Spesies
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
Plantae
Trakheobionta
Spermatophyta
Magnoliophyta
Magnoliopsida
Rosidae
Fabales
Fabaceae/Leguminosa
Arachis
Arachis pintoi

Morfologi Rumput Pinto (Arachis pintoi)

Arachis pintoi mempunyai karakteristik tumbuh yang menjalar  dengan Tangkai yang dapat tumbuh sepanjang 50 cm, tergantung pada kondisi tempat tumbuhnya. Pada bagian tangkai  Arachis pintoi  mempunyai dua pasang helai daun dengan daun yang berbentuk oval, lebar daur pada tanaman Arachis pintoi  ini sekitar 1,5 cm dan mempunyai panjang daun sekitar 3 cm.

Tanaman ini bisa berbunga sepanjang taun dengan pada bagian Bunga, tanaman Arachis pintoi  ini mempunyai warna kuning dan berukuran sekitar 2 cm. Jika telah terjadi penyerbukan, ovary (indung telur) pada bagian bunga akan memanjang yang disebut dengan gynophore, panjangnya ovary sampai 27 cm dan masuk ke dalam tanah hingga kedalaman 7 cm, kemudian ovary akan membentuk polong dan biji.

Seperti pada tanaman legum lainnya, tanaman Arachis pintoi  ini mempunyai polong, namun berbeda dengan tanaman jenis kacang-kacangan yang mempunyai polong yang banyak. Tanaman Arachis pintoi  ini hanya mempunyai polong dengan satu buah biji namun terkadang dua buah biji.

Demikian artikel dari Klasifikasi dan Morfologi rumput pinto (Arachis pintoi) semoga artikel ini bisa memberikan pengetahuan tentang Klasifikasi dan Morfologi terutama Klasifikasi dan Morfologi pada rumput pinto (Arachis pintoi), terima kasih.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments