Morfologi dan Klasifikasi Ikan Lele (Clarias)

Morfologi dan Klasifikasi Ikan Lele (Clarias)

Morfologi dan Klasifikasi Ikan Lele (Clarias) - Ikan lele atau dalam bahasa ilmiah disebut Clarias ini merupakan salahsatu ikan jenis air tawar yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.


Morfologi dan Klasifikasi Ikan lele

Ikan yang mempunyai ciri khas sepasang antena yang menyerupai kumis ini mempunyai nama yang berbeda disetiap tempat, Di Indonesia sendiri ikan lele mempunyai beberapa nama yakni , antaranya : ikan petet (Kalimantan Selatan ), ikan keling (Makasar), ikan kalang (Padang ), ikan maut (gayo, Aceh ), ikan cep (Bugis), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah).

Untuk diluar negeri pun sama halnya dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), Ikan keli (Malaysia), gura magura (Srilangka ), catretrang (Jepang ). Dalam bahasa inggris disebut pula Catfish, Siluroid, Mudfish, dan Walking catfish.

Klasifikasi Ikan Lele

Ikan lele tergolong kedalam Famili Clariidae dengan Klasifikasi sebagai berikut :

Kingdom : Animalia
Sub - kingdom : Metazoa
Phylum : Chordata
Sub - phyllum : Vertebrata
Class : Pisces
Sub - Class : Teleostei
Ordo : Ostariophysi
Sub - Ordo : Siluroidae
Famili : Clariidae
Genus : Clarias
Species : Clarias Sp

Morfologi ikan lele

Ikan lele mempunyai ciri-ciri atau morfologi sebagai berikut,
  1. Kepala ikan lele yang panjang , hamper mencapai seperempat dari panjang tubuhnya dengan bentuk kepala pipih ke bawah (depressed ).
  2. Pada bagian atas dan bawah kepalanya tertutup oleh tulang pelat , Tulang ini membentuk ruangan rongga di atas insang.
  3. Mulut ikan lele dilengkapi oleh gigi , gigi nyata, atau hanya berupa permukaan yang kasar dimulut bagian depan.
  4. Lele juga memiliki 4 pasang sungut yang terletak di sekitar mulut , Sepasang sungut hidung, sepasang sungut mandibular luar , sepasang sungut mandibular dalam, dan sepasang sungut maxilar.
  5. Ikan lele ini mempunyai alat olfaktori dideket sungut yang berfungsi untuk perabaan dan penciuman serta penglihatan pada ikan lele yang kurang berfungsi baik.
  6. Pada bagian mata ikan lele berbentuk kecil dengan tepi orbital yang bebas.
  7. Tubuh ikan lele berbentuk memanjang , dengan agak bulat ,dan tidak mempunyai sisik.
  8. Badan lele pada bagian tengahnya mempunyai bentuk yang membulat , sementara bagian belakang tubuhnya berbentuk pipih kesamping (compressed ).
  9. Sepasang sirip ekor ikan lele berbentuk membulat dan tidak bergabung dengan sirip punggung maupun sirip anal, sirip perut membulat dan panjangnya mencapai sirip dubur.
  10. Pada bagian sirip dada lele dilengkapi sepasang duri tajam yang umumnya disebut dengan nama patil
  11. Warna ikan lele umunya lele berwarna hitam, coklat walau adapula yang berbentuk merah muda dan albino terganung jenisnya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments