Merawat Anak Kelinci yang ditinggal Induknya mati

Merawat Anak Kelinci yang ditinggal Induknya mati

Artikel kali ini akan berbagi tips bagaimana cara merawat anak kelinci yang ditingal mati induknya.


Merawat anak atau bayi Kelinci
Banyak faktor yang menyebabkan induk kelinci mati pasca melahirkan anaknya, dari banyak faktor tersebut diantaranya, Induk kelinci yang terlalu muda sehingga tidak kuat untuk melahirkan, sakit atau bahkan induk kelinci stress.

Anak kelinci yang baru dilahirkan butuh banyak nutrisi, salahsatu nutrisi yang didapat anak kelinci yakni dari air susu induknya, lantas bagaimana jika anak kelinci ditinggal mati induknya,

Jika indukan kelinci mati, kita sebaiknya mencari pengganti air susu induknya, yaitu dengan cara memberikan susu anak kucing yang tersedia di petshop, namun selain itu bisa diberikan susu untuk anak umur 0-6 bulan.

Namun untuk pemberian menggunakan susu bayi ada yang perlu diperhatikan yakni berikan susu dengan tidak mengandung laktosa atau kita sering menyebutnya dengan nama free Lactosa. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada anakan kelinci tidak bisa memproduksi enzim laktase. Jadi ketika dipaksakan untuk mengkonsumsi anak kelinci akan mengalami kembung dan mencret, bahkan berujung pada kematian, istilah ini sering dinamakan juga dengan istilah laktosa intoleran.

Selain kedua susu diatas, anda juga dapat memberikan susu kambing etawa, selain bagus susu ini juga disebut sebut cocok untuk anakan kelinci.

Cara pemberian susu dengan menyiapkan suntikan, karet pentil kecil (yang muat untuk mulut anak kelinci). Pemberian dilakukan minimal 2 kali sehari hal ini mengacu pemberian susu secara alamiah oleh induk kelinci.

Lakukan hingga anakan kelinci bisa makan sendiri. Demikian artikel tentang cara merawat anak kelinci yang ditinggal mati induknya, selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments