Jenis dan Contoh Pakan Hijauan untuk Ternak Sapi, Domba, Kambing dan lainnya.

Jenis dan Contoh Pakan Hijauan untuk Ternak Sapi, Domba, Kambing dan lainnya.

Pakan hijauan adalah pakan utama bagi ternak ruminansia seperti sapi, kerbau, domba dan lainnya yang terdiri dari rerumputan, kacang-kacangan, dan dedaunan yang tidak termasuk keduanya.


Sapi makan Rumput
Adapun pakan hijauan juga bisa berasal dari limbah pertanian seperti jerami padi, daun jagung, pucuk tebu dan lain sebagainya.

Dari jenis jenis pakan hijauan diatas dapat digolongkan menjadi 3 golongan pakan hijauan, yang merupakan golongan pakan hijau rerumputan, pakan hijauan kacang-kacangan (leguminosa) dan pakan hijauan lainnya seperti limbah pertanian.

Adapun contoh dari jenis pakan hijauan untuk ternak diatas adalah sebagai berikut,

1. Pakan Hijauan Rumput

Pakan hijauan Rumput dapat dibagi menjadi 2, yakni hijauan rumput liar dan hijauan rumput dibudidayakan atau sengaja ditanam.

Contoh rumput liar yang bisa diberikan terhadap ternak diantaranya seperti rumput alang-alang (Imperata cyilindrica), rumput jarum (Andropogon acicularus), dan rumput teki, sedangkan untuk contoh rumput yang ditanam diantarannya Rumput Gajah (Pennisetum purpureum), Rumput Benggala (Pannicummaximum), Rumput Raja (King Grass) dan Rumput Setaria (Setaria sphacelata).

2. Pakan Hijauan Kacang-kacangan (leguminosa)

Pakan ini mempunyai keunggulan lain jika dibandingkan jenir pakan hijauan lainnya seperti mengandung nilai gizi yang tinggi seperti protein dan mineral, lebih disukai ternak dan mudah untuk dicerna, adapun contohnya, Gamal (Gliricidia sepium), Turi (Sesbania grandiflora), Lamtoro (Leucaena glauca), Kaliandra (Calliandra calothyrsus), Centro (Centrosema pubescens), Kalopo (Calopogonium muconoides), Daun kacang Tanah/rendeng, Daun Kacang Panjang, dan Kacang Ruji (Pueraria phaseoloides).

3. Pakan Hijauan lainnya

Jenis pakan ini merupakan hijauan yang tidak termasuk kedalam 2 jenis pakan hijauan diatas ataupun hijauan dari limbah pertanian, adapun contohnya seperti Jerami padi (oriza sativa), daun dan batang jagung (Zea mays), ketela pohon (Manihot utilissima), ubi (Ipomea batatas), daun waru (Hibiscus tiliaceus), daun bunga sepatu (Hisbicus Rosasinesis) dan masih banyak lainnya.

Demikian artikel tentang Jenis dan Contoh Pakan Hijauan untuk Ternak Sapi, Domba, Kambing dan lainnya. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments