-->
Macam-macam Gulma : Jukut Pendul atau rumput Pendul (Kyllinga brevifolia)

Macam-macam Gulma : Jukut Pendul atau rumput Pendul (Kyllinga brevifolia)

Jukut Pendul atau rumput pendul mungkin belum banyak orang yang mengetahui, jenis rumput ini merupakan salahsatu tumbuhan dari jenis rumput-rumputan dan mudah sekali ditemukan didataran tropis, jukut pendul sebagaian orang menyebutnya dengan nama teki udel-udelan.


Rumput pendul (Kyllinga brevifolia)
Jukut pendul atau rumput pendul mempunyai nama latin Kyllinga brevifolia merupakan tumbuhan yang tumbuh baik didataran tropis dibelahan dunia, contohnya di kawasan asia tenggara seperti Malaysia, Singapura, Myanmar dan lain-lain termasuk di Indonesia. rumput ini mampu hidup diketinggain 2.600 mdpl.

Klasifikasi rumput Pendul (Kyllinga brevifolia)

rumput pendul diklasifikasikan kedalam keluarga atau family Cyperaceae, yakni family dari teki-tekian yang mempunyai bunga. untuk lebih jelas tentang klasifikasi jukut pendul atau rumput pendul bisa dilihat dibawah ini.

Klasifikasi Rumput Pendul
(Kyllinga brevifolia)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Monocots

Commelinids
Order
Poales
Family
Cyperaceae
Genus
Kyllinga
Species
K. brevifolia

Morfologi rumput pendul (Kyllinga brevifolia)

Rumput pendul mempunya ciri-ciri yang bisa dibedakan deri jenis tumbuhan teki-tekian lainnya, seperti pada,

Akar

Rumput pendul atau teki udel-udelan mempunyai perakaran yang serabut dan menyebar di sekitar tumbuhan tersebut dengan sebesar benang

Batang

Batang dari rumput pendul atau teki udel-udelan ini berbentuk segi tiga, dengan berwarna hijau diseluruh bagian batang, panjang dari batang tumbuhan ini sekitar 20-30 cm dengan posisi tegak lurus ke atas

Daun

Daun dari jukut pendul mirip dengan daun pandang, bentuknya tidak rata dibagian tengah, panjang daun dari rumput pendul adalah 20-30 cm dengan runcing dibagian ujungnya, sedangkan lebar dari daun ini sekitar 3-4 mm, biasanya jumlah daun pada setiap batang sekitar 3-4 buah saja.

Bunga

Bunga tumbuhan rumput pedul ini mempunyai bentuk yang bulat dan letaknya diujung dari batang tumbuhan ini, besaran bunga ini sektiar 0,3-1 cm

Demikian artikel tentang Jukut Pendul atau rumput Pendul (Kyllinga brevifolia) yang membahas sedikit klasifikasi dan morfologi tumbuhan teki udel-udelan atau rumput pendul. rumput ini juga selain dikategorikan sebagai gulma, namun ternyata rumput pendul dipercaya untuk menyembuhkan anti radang, batuk antitusif dan mengencerkan dahak.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments