-->
BUNGA PACAR AIR (Impatiens balsamina L.) Mengenal, Morfologi dan Klasifikasi

BUNGA PACAR AIR (Impatiens balsamina L.) Mengenal, Morfologi dan Klasifikasi

Bunga pacar air atau dalam bahasa latin disebut dengan Impatiens balsamina L. adalah salahsatu tanaman hias yang sering ditanam sebagai pagar hidup di pekarangan rumha. tanaman ini diperkirakan berasal dari kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan termasuk di Indonesia.

Bunga Pacar Air (Impatiens balsamina L.)
Tanaman bunga pacar air mempunyai tinggi sekitar 50-100 cm dengan batang yang berair dan lunak, bunga dari tanaman ini mempunyai berbagai warna diantaranya Merah, Ungu, putih dan merah jambu. tanaman ini tergolong kedalam tanaman tahunan dan mampu bertahan hidup satu sampai dua tahun.

Klasifikasi tanaman bunga Pacar Air

Tanaman bunga pacar air ini tergolong kedalam keluarga atau family dari Balsaminaceae yakni tergolong kedalam tanaman dikotil yang mampu tumbuh tahunan dan tumbuh di iklim tropis, untuk mengetahui lebih lengkap tentang klasifikasi tanaman bunga pacar air dapat dilihat dibawah ini, 

Klasifikasi Bunga Pacar Air
(Impatiens balsamina L.)
Kerajaan
Plantae

Angiosperma

Eudicots

Euasterids II
Super Divisi
Embryophyta
Divisi
Tracheophyta
Sub Divisi
Spermatophyta
Kelas
Magnoliopsida
Super Ordo
Asteranae
Ordo
Ericales
Family
Balsaminaceae
Genus
Impatiens
Species
I. balsamina

Morfologi tanaman bunga Pacar Air

Tanaman bunga pacar air mempunyai ciri-ciri dari akar, batang, daun, bunga dan biji/buah sebagai berikut,

Morfologi Akar dari bunga pacar air

Tanaman bunga pacar air mempunya akar atau perakaran yang serabut, yang menyebar disekeliling tanaman dengan langsung menuju ke batang tanaman

Morfologi Batang dari bunga pacar air

Batang dari tanaman bunga pacar air mampu tumbuh setinggi 50-100 cm, mempunyai ciri batang yang tebal, tegak dan berair, tanaman ini walau tergolong tanaman tahunan tetapi batang dari tanaman tidak berkayu.

Morfologi Daun dari bunga pacar air

Bentuk daun menyirip panjang dengan panjang 5-12 cm dengan urat daun yang lateral berjumlah 5-9 pasang, ditiap sisi pada daun tanaman ini bergerigi dan berujung runcing atau lancip dengan lebar daun 1-3 cm. dan berwarna hijau.

Morfologi Bunga dari bunga pacar air

Tanaman ini mempunyai bunga tunggal dengan panjang tangkai pada bunga 1-2 cm, warna dari bunga ini bermacam-macam diantaranya berwana puith, merah, merah jambu dan ungu tergantung jenisnya

Morfologi Biji/buah dari bunga pacar air

Tanaman ini mempunyai buah berwarna hijau pada saat masih muda dan kuning jika sudah tua, bentuk dari buah tanaman ini seperti kapsul bulat lonjong dengan runcing/lancip pada ujungnya sedangkan biji dari tanaman ini berwarna hitam dan berbentuk bulat dengan ukuran sekitar kurang dari 1 mm

Tanaman bunga pacar air ini selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata masyarakat sering juga menjadikannya sebagai obat tradisional salahsatunya untuk mengobati penyakit kulit seperti kutil dan luka terbakar.

Baca juga : Manfaat Bunga Pacar Air (Impatiens balsamina L.) untuk Pengobatan

Demikian keterangan singkat tentang pengenalan, morfologi dan klasifikasi tanaman bunga pacar air (Impatiens balsamina L.) serta pemanfaatan sebagai obat tradisional, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi anda. Terima Kasih..

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments