-->
Mengenal Azolla

Mengenal Azolla

Mengenal Azolla - Jarangs sekali yang tahu apa itu Azolla dan apa manfaat dari Azolla, kali ini blog sampul pertanian akan membahas sedikit tentang Azolla, Azolla adalah tumbuhan dari jenis paku-pakuan yang mampu mengapung diatas air dengan habitat utama diperairan seperti kolam dan pesawahan.

Mengenal Azolla | Sampul Pertanian
Tumbuhan azolla mampu tumbuh baik di daerah beriklim tropis, azolla bisa ditemui di negara-negara Amerika, Australia dan Asia, termasuk di Indonesia azolla bisa ditemui. ukuran dari azolla sangat kecil yakni kisaran 1-2cm saja, untuk beberapa jenis dari azolla mempunyai warna daun hijau muda, hijau merah dan hijau oranye pada daunnya. tumbuhan azolla sangat lemah terhadap suhu dingin bahkan bisa mati, azolla berkembangbiak dengan cara tunas batang.

Banyak sekali yang tidak tahu apa itu azolla sehingga tumbuhan ini sering disebut sebagai gulma, padahal tumbuhan azolla sangat bermanfaat bagi pertanian, peternakan maupun perikanan. azolla sangat bermanfaat dikarenakan azolla merupakan salahsatu tumbuhan yang mampu mengikat kadar Nitrogen (N) diudara sehingga dapat membantu pertumbuhan tanaman disekitarnya.

menurut beberapa artikel, kandungan protein, asam essensial dan lisin dari tumbuhan azolla lebih tinggi jika dibandingkan dengan dedak, beras dan konsentrat jagung. sedangkan pemberian azolla untuk perikanan sangat baik diberikan secara langsung maupun diberikan dengan terlebih dahulu diproses menjadi tepung untuk pakan ikan.

Tumbuhan azolla di kalsifikasikan sebagai berikut,

Kingdom : Plantae
Division : Pteridophyta
Class : Polypodiopsida / Pteridopsida
Order : Salviniales
Family : Azollaceae
Genus : Azolla
Species : A. filiculoides

Tumbuhan azolla digolongkan dalam tujuh jenis, jenis azolla tersebut adalah Azolla japonica, Azolla filiculoides, Azolla pinnata, Azolla nilotica, Azolla caroliniana Willd, Azolla mexicana, dan Azolla microphylla Kaulf.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments