-->
Manfaat buah Kersen (Muntingia calabura) bagi Kesehatan

Manfaat buah Kersen (Muntingia calabura) bagi Kesehatan

Kersen atau dalam bahasa latin disebut dengan Muntingia calabura merupakan tanaman yang buahnya mirip dengan ceri,namun ketika mentah buah kersen berwarna hijau, buah kersen mempunyai rasa yang keset diwaktu mentah namun ketka sudah berwarna merah, buah kersen mempunyai rasa yang sangat manis.

Manfaat buah Kersen (Muntingia calabura) bagi Kesehatan
Buah kersen dikonsumsi beserta bijinya, didalam satu buah saja, buah kersen terdapat ratusan atau bahkan ribuan biji didalamnya, ukuran buah kersen kira-kira sebesar kelereng atau kisaran 1-1,5 cm untuk diameternya. tumbuahn kersen berupa pohon dengan menjulang keatas dan bercabang-cabang.

Kersen sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain buah pada kersen, daunnya pun dipercaya bermanfaat bagi kesehatan, adapun berbagai macam manfaatnya sebagai berikut.

1. Untuk mencegah tumor

Pohon kersen dipercaya sebagai salahsatu tanaman yang bisa mencegah terjadinya tumor pada tubuh kita, dengan memanfaatkan daunnya sebagai herbal karena daun kersen mengandung Flavonoid yang merupakan zat penghambat sel tumor.

2. Antioksidan

Kandungan vitamin C yang terdapat didalam buah kersen dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh kita tetap fit saat beraktifitas dan tidak mudah sakit.

3. Antiseptik

Kandungan flavonoid, tanin dan saponin yang terdapat didalam daun tanaman kersen dapat dijadikan sebagi antiseptik. cara memanfaatkannya yakni dengan cara membuat rebusa daun kersen

4. Mengurangi peradangan

Daun pada tanaman kersen dipercara dapat meredakan atau mengurangi peradangan atau dalam bahasa kedokteran disebut sebgai antiinflamasi.

5. Mengobati asam urat

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat didalam buah kersen, buah kersen dipercaya dapat mengobati sakit saat asam urat dengan cara mengkonsumsi secara rutin buah kersen.

Sekian manfaat dari tanaman kersen, ternyata selain mempunyai rasanya yang manis terdapat kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh kita. akhir kata, semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments