-->
Mengenal gulma rumput Belulang (Eleusine indica L.)

Mengenal gulma rumput Belulang (Eleusine indica L.)

Rumput Belulang (Eleusine indica L.) merupakan salah satu gulma tanaman budidaya yang mempunyai daya saing yang tinggi dan keluarga Poaceae atau termasuk dalam keluarga rumput-rumputan. rumput belulang berkembang biak dengan menggunakan biji.



2 umput belulang mempunyai banyak sebutan, seperti di Sumatra menyebutnya dengan rumput kumaranting, di jawa menyebutnya jukut jampang, jukut carulang atau jukut munding, sedangkan di Malaysia menyebutnya dengan rumput sambau, godong ular, rumput sambari dan rumput kakuasa.

Rumput Belulang (Eleusine indica L.)
Rumput belulang mudah ditemui di dataran tinggi bahkan disebuah artikel menyebutkan rumput belulang atau jukut jampang dapat hidup dalam ketinggian 2000mdpl. namun rumput belulang juga mampu hidup ditarang sedang ataupun dataran rendah.

Rumput belulang mempunyai siklus hidup yang menahun dan mampu berbungan di umur 30 hari. pematang bunga tumbuhan rumput belulang 4-6 bulan. rumput belulang biasanya tumbuh baik di dataran yang tidak terlalu basah.

Rumput Belulang (Eleusine indica L.) mempunyai klasifikasi sebagai berikut,
kingdom dari tumbuh-tumbuhan (planteae)
divisi termasuk tumbuhan yang menghasilkan biji atau spematophyta dan mempunyai bunga
kelas termasuk dalam tumbuhan berkeping satu atau monokotil dan
keluarga dari rumput-rumputan.

Rumput belulang atau jukut jampang mempunyai ciri-ciri pada tumbuhannya sebagai berikut, 
Akar : akar dari rumput belulang atau jukut jampang ini termasuk dalam tumbuhan yang mempunya akar serabut.
Daun : ciri daun dari rumput belulang yaitu memanjang, mempunyai lebar 1 cm dan mempunya pangjang rumput belulang sekitar 10-15cm. dan mempunyai tinggi tanaman sekitar 60-80 cm.

Pengendalian rumput belulang yaitu dengan cara penggenangan secara terus menerus atau pengendalian bisa menggunakan herbisida.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments