-->
Apa itu Bokashi ?

Apa itu Bokashi ?

Entah berasal dari mana bokashi berasal namun di beberapa artikel yang ditemui bahwa bokashi diperkirakan berasal dari bahasa Jepang yang mempunyai arti pupuk organik yang bisa dibuat dengan cepat dan efektif namun ada juga yang mengartikan Perubahan secara bertahap.

Entah mana yang benar tapi menambah rasa penasaran blog sampul pertanian mencoba mencari arti dari bokashi dengan google translate ternyata mempunyai arti Blur. hmm... jauh sekali dari arti kata organik ataupun pupuk maupun kompos.hehehe..

Apa itu Bokashi
Lantas apa itu bokashi? Bokashi merupakan fermentasi dari bahan-bahan organik dengan menggunakan starter bakteri aerobik ataupun bakteri anaerobik untuk membantu proses pengomposan bahan-bahan organik.

Bakteri yang umum dipakai dalam proses fermentasi bokashi yaitu dengan menggunakan bakteri yang ada di dalam kandungan EM4 salah satunya yaitu bakteri Lactobacillus. EM4 merupakan starter untuk proses dari fermentasi pengomposan bahan organik.

Bahan organik yang umum di fermentasi untuk dijadikan bokashi diantaranya, jerami, dedak, daun hijau-hijauan, sekam dan kotoran hewan atau kohe, namun bahan untuk bokashi bisa menggunakan selain dari bahan-bahan diatas tadi.

Manfaat dari penggunaan bokashi yaitu membantu memberikan unsurhara yang dibutuhkan tanaman dan membantu menggemburkan tanah sehingga membantu perakaran tanaman bisa tumbuh dengan baik dan diharapkan dapat meningkatkan hasil dari pertanian.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

11 comments

berati fungsinya sama dengan cacing ya, membantu penggemburan tanah :)

Balas

bokashi .? istilah baru nih yg saaya ketahui
thanks infony

Balas

Jadi intinya adalah pupuk organik atau kompos ya gan?

Balas

Bokashi ada tuh di tempat gw juga di jakarta

Balas

Waduh ada lagi ya gan hehehe nice gan

Balas

masih menunggu defini dari bokashi itu, tolong di update ya gan klo udah ketemu, itung2 tambah ilmu.

Balas

unik ya, baru tau istilah yang ini saya. terima kasih infonya

Balas

dengan bokashi menghidupkan kembali mikroba2 didalam tanah gan.. biar bisa di manfaatkan tanaman

Balas

ada apa gan.. ga dibuat puisi aja gan nie bokashi.hihihihi

Balas

efektif mikroorganisme gan.. ada 4 mikroba yang bermanfaat untuk tanaman

Balas