-->
Mengenal Ikan Nila dengan Klasifikasi dan Morfologinya

Mengenal Ikan Nila dengan Klasifikasi dan Morfologinya

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Nila - Ikan Nila, ya.. Mungkin hampir semua orang tau apa itu ikan nila, Ikan nila ini merupakan jenis ikan yang hidup diair tawar yang sering kita konsumsi, ikan nila ini menurut beberapa sumber bahwasanya berasal dari dataran Afrika bagian timur dibagian perairan sungai Nil dan didanau Tangiya Nigeria.


Ikan Nila

Jenis ikan nila termasuk kedalam kelompok Tilapia (Saratharaodon nilaticu) dan tergolong famili Cichilidae dengan ordo percomorphi yakni ikan yang memiliki tulang belakang.

Klasifikasi Ikan Nila

Menurut Saanin, 1984 ikan nila ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Sub Filum : Vertebrata
Kelas : Osteichyes
Sub Kelas : Acanthopterygii
Ordo : Percomorphi
Sub ordo : Percoidae
Famili : Cichlidae
Genus : Oreochromis
Spesies : Oreochromis nilaticus

Morfologi ikan nila


Morfologi ikan nila memiliki bentuk pipih, punggung tinggi, pada bagian badan dan sirip ekor di temukan garis lurus ( vertikal ) serta juga mempunyai sirip punggung ditemukan garis lurus memanjang.

Ikan ini memiliki lima buah sirip yaitu sirip punggung, sirip data, sirip perut, sirip anal dan sirip ekor. Dengan adanya sirip tersebut sangat membantu pergerakan ikan nila semakin cepat di perairan air tawar.

Tanda lainnya yang dapat dilihat dari ikan nila yakni memiliki warna tubuh hitam dan agak keputihan ada juga yang berwarna merah muda. Bagian tubuh insang bewarna putih, sedangkan ikan lokal memiliki warna kekuninangan.

Ikan nila mempunyai Sisik ikan berukuran cukup besar, kasar dan tersusun dengan rapi. Bagian kepala pada ikan ini memiliki ukuran relatif kecil dibandingkan dengan mulut yang berada pada bagian ujung kepala serta memiliki mata yang besar.

Demikian Klasifikasi dan Morfologi dari ikan nila secara singkat, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk kamu khususnya tentang ikan nila.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments