-->
7 Ciri Ayam Bangkok siap tempur atau siap diadu

7 Ciri Ayam Bangkok siap tempur atau siap diadu

Bagi para penghobi ayam khususnya ayam Bangkok aduan mungkin sudah tidak diragukan lagi pasti tahu waktu dan ciri ayam bangkoknya siap untuk tempur atau siap diadu.


Ayam aduan (Foto : Irwanto)
Namun, untuk menambah pengetahuan berikut ini 7 ciri khusus ayam bangkok yang siap diadu menurut pengalaman para penghobi ayam aduan ini, berikut ini cirinya.

1. Ciri pada kepala Ayam

Ciri pertama bisa dilihat dari kepalanya, ayam yang siap tempur memiliki kepala yang simetris, sehat dan segar, ukuran kepala pun bisa menentukan daya tarung dari sang ayam. Pilihlah bentuk kepala yang kecil dan lonjong mirip buah pinang hal ini menandakan bahwa ayam aduan tersebut lebih lincah dan cerdik.

2. Ciri pada leher Ayam

Ciri kedua dilihat pada lehernya, leher ayam bangkok yang siap diadu bisa terlihat pada lehernya yang tegak dan kokoh, bentuk leher ayam pun bisa membedakan gaya bertarungnya, misalnya jika ukuran lehernya besar, maka ayam tipe ini memiliki gaya bertarung yang cukup monoton. Namun sebaliknya jika ayam tersebut memiliki tulang leher yang lebih ramping dan kecil, ayam tersebut memiliki gerakan yang lebih luwes dan memiliki kuncian yang baik.

3. Ciri pada jengger Ayam

Ciri selanjutnya bisa diliha dari jengger pada ayam. Jengger yang besar biasanya menandakan bahwa ayam mempunyai gaya bertarung kalem dan lebih tenang namun jika jengger pada ayam memiliki ukuran lebih kecil menandakan bahwa ayam bangkok anda mempunyai gaya bertarung lebih gesit dan lincah.

4. Ciri pada kulit muka Ayam

Ciri ayam bangkok siap tempur selanjutnya dapat dilihat pada kulit mukanya, ayam dengan kulit muka yang tebal dan berkerut menandakan ayam memiliki pembawaan lebih kaleh saat pertarungan, sedangkan dengan kulit muka yang lebih tipis, ayam biasanya memiliki sifat lebih gesit. Akan tetapi, ayam tipe ini pun lebih rentan saat terkena pukulan berbeda jika dibandingkan ayam dengan kulit muka yang tebal.

5. Ciri pada tulang dada Ayam

Ayam bangkok siap tempur bisa dilihat dari bentuk tulang dadanya. Perhatikan pama bagian tulang dada pada ayam. Terdapat 2 tipe tulang dada pada ayam bangkok yang pertama tulang dada yang pendek dan panjang, ayam yang memiliki tulang dada ini biasanya memiliki pukulan baik, kuat dan akurat tetapi kurang kuat jika menerima pukulan lawan dari lawannya, sedangkan dengan ayam yang bertulang dada panjang biasa menandakan bahwa ayam memiliki daya tahan yang cukup kuat dari pukulan lawan selain itu pukulannya pun lebih keras jika dibandikan tipe ayam dengan tulang dada pendek.

6. Ciri pada kaki Ayam

Kaki ayam bisa dijadikan ciri ayam anda sudah siap diadu atau belum, ayam yang siap diadu memiliki bentuk kaki yang kokoh dan memiliki taji. Hal ini menandakan ayam anda siap untuk bertarung.

7. Ciri pada ekor Ayam

Ciri ke 7 bisa dilihat dari bentuk ekor ayam, bentuk ekor ayam yang panjang memiliki gaya pertarungan lebih kalem dan pasti sedangkan dengan bentuk ekor ayam yang pendek memiliki tipe petarung lebih gesit dan lebih cepat.

Nah, itu dia ke 7 ciri ayam bagkok yang siap tempur, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita, akhirkata terima kasih sudah berkunjung.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments