Wednesday, January 10, 2018

Penyebab bebek berhenti bertelur atau tidak bertelur setiap hari

Penyebab bebek berhenti bertelur atau tidak bertelur setiap hari - Dalam usaha ternak bebek salahsatu yang menjadi pokok yang dituju adal... thumbnail 1 summary

Penyebab bebek berhenti bertelur atau tidak bertelur setiap hari - Dalam usaha ternak bebek salahsatu yang menjadi pokok yang dituju adalah telurnya.


Bebek
Jika Telur yang dihasilkan bisa dihasilkan setiap hari tentu keuntungan perharinya pun ada, namun bagaimana jika bebek tersebut berhenti atau tidak lagi bertelur? Tentu saja hal ini dapat merugikan para peternak.

Untuk mengantisipasi kenapa bebek tidak bertelur atau berhenti bertelur setiap hari, berikut ini adalah faktor utama penyebab terjadinya hal tersebut,

1. Pakan Bebek kurang nutrisi


Pakan merupakan faktor utama dalam ternak bebek dalam menghasilkan telur yang melimpah, pakan tersebut dapat membantu pembentukan telur. Seperti kita ketahui bahwa kuning telur pada telur bebek mengandung protein yang tinggi terutama pada kuning telurnya.

Untuk mengatasi kekurangannya protein, kita dapat memberikan pakan dengan dicampur sumber protein alami seperti keong dan cacing, bisa juga memberikannya limbah ikan atau ikan runcah.

2. Bebek sedang dalam keadaan sakit


Faktor penyebab selanjutnya adalah bebek sedang dalam keadaan baik atau sakit, untuk mengatasinya bisa memberikan campuran vitamin pada pakan, sehingga bisa mempercepat masa pemulihan. Bisa juga dikarenakan bebek mengalami kegemukan yang mengakibatkan bertumpuknya lemak pada saluran reproduksi.

3. Bebek mengalami Stress


Dalam hal ini dipastikan setiap hewan ternak akan mengalami tingkat stress, pada hewan ternak bebek gejala stress dapat mempengaruhi hasil yang signifikan terhadap telur, bebek akan berhenti bertelur sementara sampai bebek tersebut tidak stress lagi.

4. Umur bebek sudah tidak produktif


Umur bebek betina akan mulai bertelur saat umur memasuki 6 bulan dengan tingkat produksi telur dapat meningkat tinggi pada bebek umur 1 tahun atau 6 bulan umur produksi, dan mulai menurun atau berhenti bertelur pada umur kisaran1,5 tahun.

5. Bebek sedang Mabung atau ganti bulu


Secara alami bebek akan mengalami mabung atau rontok pada bulu pada umur 1 tahunan dan selama dalam masa mabung bebek akan beristirahat untuk bertelur kurang lebih selama 1,5 - 2 bulan. Secara umum lamanya mabung atau rontok bulu berlangsung selama 3 minggu sampai 1 bulan, dan pembentukan bulu sekitar 0,5 - 1 bulan.

Demikin informasi tentang penyebab Bebek Berhenti atau tidak bertelur setiap hari, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan.

No comments

Post a Comment