Sunday, December 17, 2017

Pupuk perangsang bunga pada tanaman Mawar

Pupuk perangsang agar tanaman mawar cepat berbunga - Dalam budidaya tanaman hias, tentu yang diharapkan adalah cepatnya bunga tumbuh, tid... thumbnail 1 summary

Pupuk perangsang agar tanaman mawar cepat berbunga - Dalam budidaya tanaman hias, tentu yang diharapkan adalah cepatnya bunga tumbuh, tidak terkecuali dalam budidaya tanaman bunga mawar.


Mawar (Rose Santana)
Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita mengenal sedikit tentang bunga mawar, bunga mawar atau dalam bahasa latin disebut Rose Santana ini merupakan bunga yang bisa ditanam dengan vegetatif ataupun generatif.

Untuk perbanyakan secara vegetatif kamu bisa menggunakan cara mencangkok, stek, okulasi dll, namun yang sering dilakukan oleh petani adalah dengan cara stek. Selain lebih mudah juga hemat waktu dan uang cukup memotong batang tanaman kumudian dilakukan penyetekan.

Hal yang harus diperhatikan dalam penyetekan tanaman bunga mawar ini adalah tentang memilih batang yang akan distek, disarankan batang yang akan distek itu sudah tua, sehingga mudah untuk keluarnya akar.

Untuk mempercepat keluarnya akar pada stek tanaman bisa dengan menggunakan pupuk perangsang, pupuk perasang akar bisa ditemukan dikios-kios pertanian dengan bahan aktif Paclobutrazol.

Paclobutrazol sering ditemukan pada bahan aktif ZPT dan Fungisida, yang merupakan penghambat pertumbuhan tanaman, sekaligus fungisida jenis triazole yang umum dikenal sebagai antagonis dari ZPT Gibberellin, yang bekerja menghambat proses biosintesis dari Gibberelin, sehingga mengurangi pertumbuhan internodial yang menahan pertumbuhan tunas baru. Jadi fungsi hormon Paclobutrazol pada bunga mawar adalah menghambat pertumbuhan pada batang dan daun, tetapi memberikan rangsangan untuk memperbanyak bunga mawar.

Paclobutrazol ini dipasaran mempunyai merek dagang yang bermacam-macam, untuk penggunaan Paclobutrazol ini sebaiknya berhati-hati karena beracun bagi manusia. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

Larutkan Paclobutrazol 1/2 tutup botol dengan air secukupnya kemudian siramkan di pangkal batang tanaman. Zat perangsang akan diserap oleh akar dan disalurkan ke batang melalui xylem tanaman. Lakukan 2kali setiap minggu nya selama 5 minggu, Pemberian packlobutrazol dengan konsentrasi 500 ppm berpengaruh menghasilkan bunga sebesar 8,76 kuntum/tanaman akan tetapi menurunkan pertumbuhan tinggi tanaman sebesar 40,3 %.

Nah, demikian Paclobutrazol sebagai Pupuk perangsang bunga pada tanaman Mawar, selamat mencoba.

No comments

Post a Comment