-->
Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Cabe rontok sebelum berbuah

Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Cabe rontok sebelum berbuah

Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Cabe rontok - Dalam usaha budidaya tanaman cabe banyak sekali faktor yang harus diperhatikan seperti faktor unsur hara, alam, maupun faktor hama dan penyakit.

Bunga Cabe

Dari faktor-faktor diatas banyak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe, salahsatunya yang sering dialami adalah kerontokan bunga tanaman cabe sebelum berbuah.

Rontoknya bunga cabe ini tentunya sangat merugikan para petani, bukan tidak mungkin yang seharusnya bunga tersebut berkembang menjadi buah malah gugur.


Penyebab Bunga Cabe Rontok


Banyak faktor yang menyebabkan bunga cabe rontok atau gugur sebelum waktunya, adapun penyebab diantaranya adalah,
  1. Bunga Cabe diserang hama seperti hama trips dan hama kutu-kutuan (Aphid)
  2. Bunga Cabe terserang Penyakit dan Virus seperti virus CMV (Cucumber Mosaic Virus) dan penyakit-penyakit lainnya.
  3. Kurangnya unsur hara didalam tanah baik itu unsur hara makro maupun mikro
  4. Faktor alam seperti kekeringan
  5. Berlebihnya dosis pemberian pupuk Nitrogen
Demikian diantaranya penyebab terjadinya kerontokan terhadap bunga cabe, adapun cara pencegahannya bisa dengan cara sebagai berikut,

Pencegahan Bunga Cabe Rontok


  1. Lakukan pencegahan dengan memeriksa tanaman cabe, hindarkan tanaman dari tanaman yang terserang hama, jika tanaman sudah terserang lakukan pengendalian dengan cara penyemprotan, penyemprotan dilakukan dengan memperhatikan posisi dari hama, biasanya hama kutu daun (aphids) berada dibawah permukaan daun dan batang tanaman, terutama pada bagian pucuk dan bunga. Cara penyemprotan dilakukan dari bagian bawah daun sampai seluruh bagian tanaman secara merata. Bahan aktif pestisida yang bisa digunakan adalah Abamektin, Beta Sipermetrin, Profenofos.
  2. Pencegahan virus CMV (Cucumber Mosaic Virus) dan penyakit-penyakit lainnya kita harus memperhatikan hama penyebabnya maupun daerah sekitar tanaman, diusahakan hindari tanaman cabe dari tanaman yang sudah terserang virus dan penyakit.
  3. Pemberian pupuk oraganik dan pengapuran sangat dianjurkan pada tanaman cabe, pemberian pupuk oragnik akan memberikan unsur hara yang lengkap sekaligus akan membantu tanah menjadi lebih gembur selain dari itu berikanlah pupuk majemuk.
  4. Faktor alam memang sulit untuk dihindari, oleh sebab itu sebelum melakukan penanaman kita memperhatikan ketersediaan air terlebih dahulu.
  5. Penggunaan urea memang sangat diperlu kan, namun jika berlebih pemberiannya akan menyebabkan tanaman cabe kurang baik, lakukanlah pemberian urea sesuai takaran.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments