Monday, December 4, 2017

Mengenal Karakteristik Udang Windu (Penaeus monodon)

Mengenal Karakteristik Udang Windu ( Penaeus monodon ) - Sama halnya dengan jenis udah pada umumnya, udang windu memiliki ciri morfologis... thumbnail 1 summary

Mengenal Karakteristik Udang Windu (Penaeus monodon) - Sama halnya dengan jenis udah pada umumnya, udang windu memiliki ciri morfologis yang dapat dibedakan dalam dua bagian.


Udang Windu
Bagian pertama adalah Cephalothorax atau bagian dari kepala dan dada, bagian Cephalotorax ini dilindungi oleh kulit chitin yang tebal dan keras yang dinamakan Carapace, sedangkan bagian kedua adalah bagian abdomen atau bagian perut.

Udang Windu memiliki dua jenis yakni jenis Penaeus monodon (udang hago, pencet) dan jenis udang Penaeus semisu/catus (udang Krasak).

Dari banyak jenis udang yang dibudidayakan, udang windu lah yang merupakan jenis udang bisa tumbuh dengan ukuran besar. Ukuran Udang Windu sendiri dapat mencapai panjang 34 cm dan berat 250 gram.

Secara morfologis udang windu bisa dibedakan dari Cucuk kepala (rostrum), rostum udang windu mempunyai rumus 7/3 yang artinya gigi pada bagian atas cucuk kepala ada 7 buah dan dibagian bawah ada 3 buah. Badannya berloreng-loreng besar melintang berwarna hijau kebiru-biruan, jika dialam liar udang windu memiliki warna agak kehitaman dengan kulit relatif keras dan tebal.

Udang Windu dewasa bertelur di laut, namun setelah telurnya menetas, burayak atau larva udang windu bergerak ke pinggiran pantai atau ketempat yang agak dangkal dan senang hidup di dasar perairan

Udang windu mempunyai sifat kanibalisme, dialam maupun ditambak udang windu seringkali memangsa sesama jenisnya jika ia merasa lapar dan jika ketersedian makanan tidak ada. Udang yang sering jadi mangsanya adalah udang yang sedang molting atau sedang berganti kulit.

Mereka aktif mencari makan pada malam hari, sedangkan pada siang hari lebih suka menempel pada ranting pohon di dalam air atau membenamkan diri di dalam lumpur.

Demikian penjelasan singkat tentang Mengenal Karakteristik Udang Windu (Penaeus monodon), semoga bisa menambah pengetahuan dan bisa memberikan manfaat.

No comments

Post a Comment