Sunday, December 3, 2017

Mengenal 2 Teknik Budidaya Mina Padi

Mengenal 2 tipe Mina Padi - Di era Industri dan modernisasi seringkali tidak berbanding lurus dengan perluasan lahan pertanian. Pengaliha... thumbnail 1 summary

Mengenal 2 tipe Mina Padi - Di era Industri dan modernisasi seringkali tidak berbanding lurus dengan perluasan lahan pertanian. Pengalihan lahan pertanian menjadi infrastruktur modern memaksa menyempitnya lahan pertanian.


Mina Padi
Namun hal tersebut bisa disiasati dengan teknologi pertanian. Ada banyak teknologi pertanian yang sudah diterapkan oleh petani diantara banyaknya teknologi tersebut ada yang disebut dengan Mina Padi.

Mina padi sendiri mempunyai arti Mina adalah ikan, dan padi merupakan padi itu sendiri. Untuk lebih lengkapnya Mina Padi mempunyai pengertian sebuah teknik budidaya yang menggabungkan perikanan dan pertanian dalam satu tempat dengan bertujuan bisa mendapatkan hasil panenen dari kedua komoditas tersebut.

Dalam budidaya dengan teknik Mina Padi ini, dikenal ada 2 teknik budidaya, yakni teknik Sistem Penyelang dan teknik Sistem Tumpang sari dengan perbedaan pada masa pemanfaatan lahan dan hasil produksi ikan. Untuk lebih lanjut, berikut ini adalah penjelasannya

1. Mina Padi dengan Sistem Penyelang

Biasanya mina padi dengan sistem penyelang ini memproduki ikan dengan ukuran kecil atau antara 3 - 5 cm, sistem ini bisa dipanen ketika umur ikan sudah mencapai kurang lebih 20 harian, sehingga hasil dari sistem penyelang bisa dijadikan bibit ikan untuk pembesaran ataupun bisa dipanen sebagai baby fish atau anak ikan.


2. Mina Padi dengan Sistem Tumpang Sari

Berbeda Halnya dengan sistem penyelang, mina padi dengan sistem tumpang sari ini memproduksi ikan lebih besar, dengan masa pemeliharaan kurang lebih 90 harian sehingga ikan yang diproduksi bisa langsung dipasarkan.


Demikan artikel singkat tentang 2 sistem budidaya dalam mina padi, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta wawasan terutama tentang mina padi, akhir kata salam pertanian.

No comments

Post a Comment