Saturday, December 30, 2017

6 Langkah dalam Persiapan Ternak Ayam

Ingin mencoba ternak ayam? Berikut ini blog Sampul Pertanian akan berbagi tips tentang ternak ayam yang sukses menurut peternak ayam lang... thumbnail 1 summary

Ingin mencoba ternak ayam? Berikut ini blog Sampul Pertanian akan berbagi tips tentang ternak ayam yang sukses menurut peternak ayam langsung.


Anak Ayam
Memang tiap peternak mempunyai cara jitu masing-masing tentang bagaimana cara beternak ayam, mulai dari perlakuan kandang sampai pada penentuan waktu panen, berikut ini 6 tips yang harus diperhatikan dalam ternak ayam,

1. Persiapan Kandang.

Kandang merupakan faktor penting dalam ternak apapun termasuk ternak ayam, tidak sedikit yang menghiraukan tentang ini justru berakhir rugi.

Untuk kandang yang harus diperhatikan adalah dari segi keamanan, buatlah kandang terhindar dari hama seperti tikus, musang dan lainny, khusus untuk ternak ayam pedaging perhatikan kehangatan didalam kandang karena seringkali ayam pada umur 1-5hari mati karena kedinginan kemudian ketinggian kandang diusahakan tinggi kandang minimal 2 meter dari permukaan tanah, hal bertujuan zat amoniak pada kotoran tidak terhirup oleh ayam sekaligus memberikan siklus udara yang cukup.

2. Persiapan Pakan, Vitamin dan Obat untuk Ternak.

Hal penting lainnya adalah pakan, berikanlah pakan sesuai umur ayam dan dianjurkan pakan sudah tersedia dan cukup karena jangan sampai ketika ayam memerlukan pakan, kita baru mencarinya.

3. Persiapan Peralatan

Untuk memulai usaha ternak ayam, peralatan harus diperhatikan, siapkan lah alat-alat yang kiranya sangat penting seperti tempat minum dan makan ayam, sedangkan untuk ayam kampung siapkan tempat bertelur, litter atau alas lantai yang beralaskan sekam padi serta tempat bertenggernya ayam.

4. Pesiapan Memilih DOC atau Anak Ayam

Doc atau anak ayam ini sangat penting dalam kesuksesan ternak ayam, karena dengan memilih bibit unggul pada ayam akan mengefisienkan pakan dan waktu panen, seringkali jika anak ayam yang dipilih tidak baik waktu panen akan telat dan pakan akan lebih boros.

5. Cara Pemeliharaan

Pemiliharaan dalam ternak ayam mencakup menjaga kebersihan kandan, pemberian pakan, obat, dan multivitamin pada ayam. Untuk ternak ayam bangkok pemeliharaan ditambah latihan dan jamu untuk ayam agar stamina ayam tetap terjaga.

6. Penentuan Rencana Panen

Penentuan waktu panen sangat menentukan kesusesan dalam ternak ayam, jika anda mulai beternak ayam pedaging rencanakan lah waktu yang tepat untuk panen, karena jika lebih dalam waktu panen akan menambah biaya untuk pakan.

Demikian artikel tentang 6 Langkah dalam Persiapan Ternak Ayam, semoga artikel ini bisa memberikan referensi bagi kamu yang ingin memulai ternak ayam. Selamat mencoba.

No comments

Post a Comment