Wednesday, November 22, 2017

Siklus Hidup Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens stal) yang perlu diwaspadai

Mengenal Siklus Hidup Wereng Batang Coklat ( Nilaparvata lugens stal ) - Wereng Batang Coklat atau sering kita mengenalnya dengan sebutan... thumbnail 1 summary

Mengenal Siklus Hidup Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens stal) - Wereng Batang Coklat atau sering kita mengenalnya dengan sebutan WBC ini merupakan salahsatu hama yang perlu diawasi karena serangan yang ditimbulkan sangat fatal.


Siklus hidup Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens stal)
Walaupun mempunyai ukuran tubuh yang kecil seukuran Panjang tubuh 2 - 4,4 mm namun serangga ini mempunyai serangan yang sangat fatal, WBC menyerang dengan cara menghisap cairan pada tanaman dan bukan hanya itu, ia juga menularkan virus bagi tanaman yang sering kita kenal virus Kerdil hampa dan kerdil rumput yang sampai saat ini belum ada cara untuk mengendalikannya.

Siklus dari WBC ini terbilang singkat, dari mulai telur sampai pada Wereng dewasa hanya membutuhkan waktu 28 -33 hari saja dengan masa metamorfosis yang sederhana atau bertingkat (hetero-metabola). Adapun waktu siklus dari Wereng Batang Coklat ini adalah sebagai berikut,
  1. Wereng betina mulai bertelur mulai berumur 28 - 33 hari
  2. Seekor wereng betina selama hidupnya dapat menghasilkan telur antara 270 - 902 butir yang terdiri atas 76 - 142 kelompok telur.
  3. Telur Wereng akan menetas diantara waktu 7 - 11 hari dengan rata-rata telur menetas diwaktu 9 hari.
  4. Nimfa hama WBC mengalami lima kali Instar atau pergantian kulit dengan waktu Nimfa 1 ke Nimfa 2-4 hari, kemudian ke Nimfa 3 1-4hari, selanjutnya ke Nimfa 4 membutuhkan waktu 1-2 hari dan ke Nimfa 5 membutuhkan waktu 2-3 hari.
  5. Dari Nimfa 5 ke Wereng Desawa membutuhkan waktu 2-4 hari.
Nimfa dari hama Wereng Batang Coklat dapat berkembang menjadi dua bentuk wereng dewasa. Bentuk yang pertama adalah WBC bersayap panjang (makroptera) dengan sayap belakang normal dan bentuk kedua adalah WBC bersayap pendek (brakhiptera) dengan sayap belakang tidak normal.

Demikian uraian singkat tentang Siklus Hidup Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens stal) yang perlu diwaspadai, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan tentang hama wbc khususnya siklus hidupnya.

No comments

Post a Comment