Saturday, November 4, 2017

Pengertian Rendemen beras pada Padi atau Gabah

Pengertian Rendemen pada Padi atau Gabah - Istilah rendemen pada padi memang sudah tidak asing lagi terutama bagi orang yang mempunyai ke... thumbnail 1 summary

Pengertian Rendemen pada Padi atau Gabah - Istilah rendemen pada padi memang sudah tidak asing lagi terutama bagi orang yang mempunyai kegiatan dalam bidang pertanian tanaman padi.


Beras
Pengertian Rendemen padi sendiri adalah persentase dari berat beras yang dihasilkan dari penggilingan gabah atau padi yang digiling. Gabah atau padi siap giling haruslah memenuhi persyaratan-persyaratan.

Persyaratan rendemen gabah atau padi yang siap giling adalah Gabah Kering Giling atau kita kenal dengan GKG, GKG sendiri mempunyai kriteria diantaranya kadar air maksimal 14% dengan tujuan agar beras yang dihasilkan tidak belah dua.

Biasanya rendemen padi atau gabah ini berkisar antar 60 - 65% tergantung kondisi alam, perlakuan dan varietas yang ditanam. Untuk menghitung hasil rendemen bisa dilakukan dengan perhitungan sebagai berikut,

Contoh :

Jika kita menggiling padi 100kg dan menghasilkan 65kg beras berapakah rendemen dari padi atau gabah tersebut.

Perhitungan :

(Hasil berat beras : Berat total gabah) x 100 = (65 : 100) x 100 = 65%
Jadi rendemen berasnya adalah 65%

Rendemen beras menentukan harga jual dan meningkatkan keuntungan, demikian artikel Pengertian Rendemen beras pada Padi atau Gabah. Semoga bermanfaat dan Salam pertanian.

No comments

Post a Comment