Sunday, November 26, 2017

Pengertian MINA PADI

Pengertian Mina Padi - Salahsatu meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian terutama pertanian tanaman padi bisa dengan cara Mina Padi... thumbnail 1 summary

Pengertian Mina Padi - Salahsatu meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian terutama pertanian tanaman padi bisa dengan cara Mina Padi, lantas apa itu Mina Padi?


Mina Padi
Untuk sebagian orang mungkin sudah mengetahui pengertian dari mina padi, namun untuk yang pertama kali mendengarnya, blog Sampul Pertanian akan membahas sedikit tentang pengertian dari Mina padi.

Mina Padi terdiri dari dua suku kata yakni MINA yang menurut KBBI yang berati Ikan, dan PADI yang berarti Tanaman padi, jadi Mina padi merupakan penggabungan antar budidaya ikan dan budidaya padi.

Untuk pengertian Mina Padi adalah suatu bentuk usaha tani gabungan (combined farming ) yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya ikan air tawar dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani dan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas yakni pertanian dan perikanan.

Ikan yang biasa ditebarkan untuk dibudidaya adalah ikan air tawar seperti Ikan Tawes, Nila dan Ikan mas. Sedangkan untuk varietas padi bisa apa saja, ikan yang tebar ketika tanaman padi pada umur masih muda atau dalam masa vegetatif, ketika masuk fase generatif ikan sudah dipanen. Dalam hal ini Ikan hanyalah usaha sampingan dengan tanaman padi lah yang menjadi usaha utamanya.

Untuk melakukan Usaha tani Mina Padi ini perlu memperhatikan persyaratan - persyaratannaya, adapun persyaratan untuk melakukan mina padi adalah sebagai berikut,
  1. Penggunaan Pestisida yang rama lingkungan terutama tidak meracuni Ikan
  2. Pengairan yang mendukung
  3. Ikan yang ditebar tidak merusak atau memakan tanaman padi.
  4. Mempunyai Drainase yang baik
  5. Genangan yang digunakan dalam mina padi tidak menggangu tanaman
  6. Perawatan yang telaten

Demikian uraian singkat tentang usaha tani Mina Padi, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan bisa memberi manfaat, akhir kata Salam Pertanian.

No comments

Post a Comment