Tuesday, November 14, 2017

Mudahnya Membuat Pupuk Kompos atau Pupuk Organik

Mudahnya Membuat Pupuk Kompos atau Pupuk Organik, ya.. Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat pupuk organik. Pupuk organik ... thumbnail 1 summary

Mudahnya Membuat Pupuk Kompos atau Pupuk Organik, ya.. Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat pupuk organik. Pupuk organik sangat diperlukan untuk tanaman dan sangat baik jika memperbaiki struktur tanah.

Jerami hasil kompos
Pupuk organik memiliki kandungan yang cukup lengkap jika dibandingkan dengan pupuk kimia yang biasa kita temui. Selain dari itu pembuatan pupuk organik pun tidak terlalu sulit karena bahan dan alat ada disekitar kita.

Berikut ini adalah cara membuat pupuk organik atau pupuk kompos dengan cara yang mudah, adapun bahan dan alat yang harus disediakan adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. Jerami padi | 300 kg
  2. Kotoran hewan ternak (Sapi, Kerbau, Domba dan Kambing) | 50 kg
  3. Arang sekam | 100 kg
  4. Dedak halus | 150 kg
  5. Gula pasir/Gula merah bisa juga Molase | 250 gram/Liter Larutan
  6. Larutan EM-4 | 1 liter
  7. Air secukupnya


Alat alat yang digunakan

  1. Sekop
  2. Cangkul
  3. Sarung tangan
  4. Ember
  5. Gayung
  6. Pisau
  7. Alat penunjang lainnya


Langkah pembuatan pupuk kompos atau pupuk organik

  1. Jerami dicacah atau dipotong kecil-kecil kira-kira berukuran sekitar 5-10 cm atau bisa juga menggunakan mesin APO
  2. Membuat larutan EM4 dan Irisan gula merah dengan komposi 250gr/liter larutan.
  3. Jerami yang telah dipotong kecil-kecil beserta pupuk kandang (kotoran hewan ternak), dedak dan arang sekam tadi dicampurkan secara merata dengan diaduk secara perlahan dengan larutan EM4 dan Gula tadi.
  4. Jika bahan tadi sudah tercampur dengan rata dan bila digenggam, air tidak menetes, dan jika genggaman dilepas tidak hancur atau masih menggumpal berati sudah cukup.
  5. Bahan pupuk organik tadi digundukan di atas terpal atau lantai yang kering kemudian tutup hingga rapat.
  6. Periksalah suhu bahan pupuk organik tadi setiap 5 jam sekali, pertahankan suhu antara 40 hingga 50 derajat celsius, jika suhu terlalu panas, bahan pupuk tadi diaduk kembali, agar tidak terjadi panas yang berlebih, setelah itu tutup kembali dengan rapat.
  7. Setelah 6-7 hari, pupuk organik siap dipakai dan disebarkan.
  8. Dalam masa Dekomposer tadi, jangan sampai bahan pupuk organik terkena air hujan, karena jika terkena akan mengakibatkan kegagalan atau bahan tidak akan membusuk.

Demikian tips cara membuat pupuk kompos, mudah bukan? Selain mudah bahannya pun tersedia disekitar kita tentunya dengan biaya yang murah namun mempunyai kandungan yang melimpah.

No comments

Post a Comment