Tuesday, November 21, 2017

Mengukur pH tanah dengan menggunakan Kunyit

Untuk mengukur pH tanah pada zaman sekarang memang sudah banyak sekali alat yang bisa digunakan, dari mulai menggunakan kertas lakmus, pH... thumbnail 1 summary

Untuk mengukur pH tanah pada zaman sekarang memang sudah banyak sekali alat yang bisa digunakan, dari mulai menggunakan kertas lakmus, pH meter dan sampai pada penggunaan PUTS.


Kunyit (Curcuma longa)
Namun tahukah anda ada cara tradisional untuk mengukur pH tanah yakni dengan menggunakan kunyit, ya.. salahsatu rempah rempah yang sering dijadikan bumbu masakan ini ternyata bisa digunakan untuk mengukur pH tanah.

Caranya pun cukup sederhana, kita hanya menyediakan umbi dari tanaman kunyit ini beberapa potong saja, untuk lebih jelas mari kita simak cara tradisional mengukur pH tanah dengan menggunakan Kunyit sebagai berikut,

"Pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu kunyit sebesar jari telunjuk saja, kemudian potong menjadi dua, setelah itu kita siapkan tanah yang akan diukur pH nya jika tanah sawah pilih tanah yang basah dan jika mengukur tanah kering terlebih dahulu dibasahi hingga tanah lumer. Setelah itu, potongan kunyit tadi masukkan kedalam tanah tersebut. Tunggu hingga kira-kira 30 menitan, ambil kunyit tersebut dan kita lihat warna pada bagian potongan dari kunyit tersebut".

KETERANGAN :

Jika warna bagian potongan kunyit tadi memudar berarti pH tanah yang diukur tadi mempunyai pH Asam sedangkan jika warna masih tetap cerah berarti pH tanah netral namu berbeda jika potongan kunyit tadi berwarna kebiru-biruan berarti pH tanah yang diukur tadi cenderung basa.

Mengukur pH tanah dengan menggunakan Kunyit memang tidak begitu akurat seperti halnya pengukuran pH dengan menggunakan pH meter atau PUTS, namun bisa dijadikan acuan bahwa tanah yang kita ukur apakah asam, netral ataukah basa.

Demikian artikel tentang tips bagaimana cara mengukur pH tanah dengan menggunakan umbi kunyit. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kita.

No comments

Post a Comment