Monday, November 20, 2017

Mempercepat Birahi Sapi Betina, inilah Tipsnya

Mempercepat Birahi Sapi Betina - Siklus Estrus atau siklus Birahi pertama pada sapi dara terjadi pada umur diantara 1,5 sampai 25 hari da... thumbnail 1 summary

Mempercepat Birahi Sapi Betina - Siklus Estrus atau siklus Birahi pertama pada sapi dara terjadi pada umur diantara 1,5 sampai 25 hari dan setelah melahirkan anaknya untuk selanjutnya masa birahi pada sapi betina normalnya diantara 19 sampai 25 hari.


Spi betina
Namun diantaranya banyak peternak sapi ingin memperoleh anakan sapi lebih cepat sehingga para peternak melakukan beberapa perlakuan diantaranya perlakuan pemberian terapi hormon kepada sapi betina dengan tujuan mempercepat masa estrus atau masa birahi dari sapi tersebut.

Hormon yang digunakan untuk mempercepat birahi pada sapi betina adalah hormon PGF2-alpha. Hormon PGF2-alpha ini sering digunakan pada peternakan-peternakan besar dengan tujuan menyerentakan masa estrus atau masa birahi dari sapi indukan.

Hormon PGF2-alpha ini terdapat beberapa merek dagangnya namun untuk penggunaannya hormon PGF2-alpha bisa digunakan secara IM (Intra muscular) yang berarti hormon yang disuntikan melalui daging dan ada juga IU (Intra Uterine) yang berarti dimasukkan kedalam uterus sapi.

Untuk penggunaan dari hormon PGF2-alpha ini sebaiknya serahkan sepenuhnya kepada pihak yang ahli dibidangnya yakni dokter hewan atau petugas kesehatan hewan didaerah terdekat anda.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan pemberian Terapi Hormon untuk mempercepat birahi pada Sapi

Pada dasarnya masa siklus estrus atau masa birahi dari sapi terjadi secara alami jadi jika ada pertanyaan untuk mempercepat masa birahi dari sapi secara alami untuk sementara tidak ada.

Demikian tips tentang mempercepat masa siklus estrus atau masa siklus birahi pada Sapi Betina, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan terutama tentang peternakan.

No comments

Post a Comment