Monday, November 20, 2017

Membuat Pakan Alternatif untuk Ayam Kampung

Cara Membuat Pakan Alternatif untuk Ayam Kampung - Pakan alternatif merupakan pakan yang mampu menekan biaya produksi atau pakan penggant... thumbnail 1 summary

Cara Membuat Pakan Alternatif untuk Ayam Kampung - Pakan alternatif merupakan pakan yang mampu menekan biaya produksi atau pakan pengganti jika pakan untama langka didapat namun pakan alternatif ini mempunyai kemampuan yang hampir setara dengan pakan utama.


Pakan Ayan Kampung
Pemberian Pakan alternatif ini sangat dianjurkan untuk para peternak kecil maupun peternak besar tidak terkecuali pakan alternatif untuk pemberian ayam kampung.

Untuk ini Blog Sampul Pertanian akan berbagi cara membuat Pakan Alternatif untuk Ayam Kampung, berikut adalah bahan yang harus disediakan.

BAHAN PAKAN ALTERNATIF UNTUK AYAM KAMPUNG


1. Talas

Pemanfaatan talas sebagai bahan untuk pakan alternatif bisa menggunakan umbi, tangkai dan daunnya namun bisa juga hanya menggunakan tangkai dan daun talasnya saja.

2. Beras Catu

Penggunaan beras catu sebagai bahan pakan alternatif sangat diperlukan karena dengan pemberian beras akan memberikan karbohidrat untuk ayam itu sendiri, jika sulit mendapatkan beras belilah beras dengan harga yang paling rendah, seperti beras aking.

3. Dedak

Selanjutnya bahan yang digunakan adalah dedak, penggunaan dedak bisa menggunakan dedak halus ataupun dedak dengan kualitas sedang.

4. Tepung tulang

Bahan yang satu ini sebenarnya tidak terlalu wajib, namun jika ditambahkan bisa lebih baik. Cara mendapatkan tepung tulang ini bisa memakai bahan cangkang keong yang ditumbuk halus.

CARA PEMBUATAN PAKAN ALTERNATIF AYAM KAMPUNG


Daun, umbi atau batang tanaman talas yang ada di cincang hingga kecil-kecil, kemudian semua bahan diaduk rata dan ditanak selayaknya menanak nasi. Jika terlihat sudah seperti adonan matikan api dan dinginkan, kemudian pakan siap diberikan.

Adapun komposisi perbandingan tiap bahan untuk pakan alternatif ini adalah 1kg hasil cincangan talas, ½ Kg Beras catu dan ½ Kg dedak halus adapun tepung tulang diberikan hanya satu sendok makan saja.

Pemberian pakan alternatif ini sedikit sulit karena ayam harus beradaptasi terlebih dahulu dari pakan utamanya, tetapi biasanya ayam akan mulai memakannya 1-2 hari setelah pakan alternatif diberikan.

Keunggulan pakan alternatif ini bisa menekan biaya pakan sebesar 50% dan bukan hanya itu pertumbuhan ayam kampung pun sangat baik dan jumlah telur yang dihasilkan juga seperti ayam yang diberi pakan pabrikan.

Demikian artikel tentang cara membuat Pakan Alternatif untuk Ayam Kampung, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Akhir kata Salam Pertanian.

No comments

Post a Comment