Monday, November 20, 2017

Kelebihan dan Kekurangan pemberian Terapi Hormon untuk mempercepat birahi pada Sapi

Terapi hormon merupakan salahsatu langkah untuk mempercepat siklus estrus atau siklus birahi pada sapi, hormo yang diberikan adalah hormo... thumbnail 1 summary

Terapi hormon merupakan salahsatu langkah untuk mempercepat siklus estrus atau siklus birahi pada sapi, hormo yang diberikan adalah hormon PGF2-alpha.


Hormon Sapi
Hormon PGF2-alpha dipasaran dapat mudah ditemukan dengan merek dagang yang bermacam macam namun untuk pemberian terapi hormon ini sebaiknya dilakukan orang yang sudah ahli dibidangnya seperti dokter hewan ataupun petugas kesehatan ternak yang ada di daerah anda.

Terapi hormon PGF2-alpha dapat dilakukan dengan dua cara diantaranya cara IM (intra muscular) yakni cara terapi hormon yang disuntikkan ke dalam daging, sedangkan IU (Intra Uterine) adalah terapi hormon yang dimasukkan kedalam uterus sapi.

kendati sangat berguna untuk mempercepat masa birahi dari sapi, ternyata penggunaan hormon ini ada keuntungan dan kerugiannya, adapun keuntungan dan kerugian pemberian terapi hormon untuk mempercepat birahi adalah sebagai berikut,

Keuntungan terapi hormon

  1. Menghemat biaya inseminasi buatan (IB) karena dengan menggunakan hormon masa birahi bisa diatur agar estrus bisa secara serentak, hal ini sangat bermanfaat untuk peternakan sapi yang memelihara induk sapi dalam jumlah banyak.
  2. Penggunaan hormon yang tepat dapat mengobati abnormalitas estrus atau birahi dari sapi (konsultasikan dengan dokter hewan).

Kerugian terapi hormon

  1. Tingkat keberhasilan Inseminasi buatan (IB) pada sapi yang dipercepat dengan menggunakan hormon ini lebih rendah daripada tingkat keberhasilan inseminasi buatan dari siklus estrus yang secara alawi.
  2. Pengunaan secara terus menerus dapat mengacaukan siklus birahi atau siklus estrus dari sapi induk
  3. Penggunaan pada dosis yang tidak tepat dapat menyebakan kemajiran pada sapi betina.
  4. Harga yang dikeluarkan untuk terapi hormon ini cukup mahal sehingga hanya cocok untuk peternakan skala besar.
Bca Juga : Mempercepat Birahi Sapi Betina, inilah Tipsnya

Demikian kelebihan dan kekurangan pemberian Terapi Hormon untuk mempercepat birahi pada Sapi, semoga kita bisa mendapatkan manfaat. Akhir kata salam pertanian.

No comments

Post a Comment