Wednesday, November 22, 2017

Daftar Ambang Ekonomi Intensitas Serangan Hama pada tanaman Padi

Ambang Ekonomi Intensitas Serangan Hama pada tanaman Padi - Dalam pengendalian Organisme pengganggu Tanaman kita mengenal dengan istilah ... thumbnail 1 summary

Ambang Ekonomi Intensitas Serangan Hama pada tanaman Padi - Dalam pengendalian Organisme pengganggu Tanaman kita mengenal dengan istilah Ambang ekonomi, lantas apa itu ambang ekonomi dalam pengendalian OPT?


Pengendalian OPT
Menurut beberapa artikel yang ditemui ambang ekonomi atau AE mempunyai pengertian suatu tingkat atau batas toleransi serangan hama dan penyakit terhadap tanaman budidaya.

Dari berbagai hama yang menyerang tanaman khususnya tanaman padi ternyata mempunyai ambang ekonomi yang berbeda-beda ditiap rumpun tanaman padi, berikut ini adalah beberapa hama yang menyerang tanaman padi sesuai intensitas ambang ekonomisnya,

Nama
Stadia Tumbuh
Ambang Ekonomi
Wereng Coklat
< 40 Hst
> 40 Hst
9 Ekor/Rumpun
18  Ekor/Rumpun



Penggerek Batang
Vegetatif
Reproduktif
6 % Sundep
9 % Beluk



Wereng Punggung Putih
< 40 Hst
> 40 Hst
14 Ekor/ Rumpun
21 Ekor/ Rumpun



Ulat Grayak
Vegetatif
Reproduktif
25 % Daun Rusak
15 % Daun Rusak



Kepinding Tanah
Semua Stadia
5 Ekor/ Rumpun



Walang Sangit
Matang Susu
10 Ekor/20 Rumpun



Penggulung Daun
< 40 Hst
> 40 Hst
25 % Daun Rusak
15 % Daun Rusak



Pelipat Daun
Vegetatif
13 % Daun Rusak

Demikian artikel tentang Daftar Ambang Ekonomi Intensitas Serangan Hama pada tanaman Padi, artikel ini berdasarkan beberapa sumber, semoga bisa memberikan manfaat dan bisa memberikan tambahan pengetahuan terutama tentang intensitas serangan OPT.

No comments

Post a Comment