Saturday, November 4, 2017

6 Faktor yang mempengaruhi RENDEMEN Gabah atau Padi bisa Naik ataupun Turun

Rendemen gabah merupakan salahsatu tolak ukur keberhasilan panen, jika rendemen tinggi maka hasil panen pun bisa dikatakan meningkat dan ... thumbnail 1 summary

Rendemen gabah merupakan salahsatu tolak ukur keberhasilan panen, jika rendemen tinggi maka hasil panen pun bisa dikatakan meningkat dan sebaliknya, karena rendemen bisa mempengaruhi jumlah takaran timbangan hasil panen.


Beras
Banyak faktor yang mempengaruhi rendemen dari gabah itu untuk bisa naik maupun turun, dari mulai perlakuan, alam dan varitas yang ditanam, artikel kali ini akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendemen gabah atau padi bisa naik ataupun turun, adapun diantaranya sebagai berikut.

1. Faktor Alam

Faktor alam menjadi faktor utama dalam mempengaruhi takaran hasil rendemen dari padi, ketika umur tanaman dalam masa pengisian bulir atau bunting terjadi musim kemarau sehingga kekurangan air, maka rendemen padi akan menyusut drastis, sama halnya jika hujan berlebihan bulir padi akan mengalami kehitaman atau tidak putih bersih.

2. Faktor Nutrisi dan Unsur hara

Pemberian Nutrisi dan Unsur hara sangat penting, karena kebutuhan unsurhama didalam tanah yang diserap tanaman sudah tidak cukup sehingga diperlukan tambahan seperti pemberian NPK ataupun KCL untuk memberi asupan nutrisi kepada tanaman serta lebih baik berikan pula pupuk organik saat pengolahan lahan, karena kandungan didalam pupuk organik cukup lama diuraikan sehingga disaat pengisian nutrisi bisa diserap secara bertahap.

3. Faktor Serangan hama dan penyakit

Pengendali hama dan penyakit sangat penting, karena faktor serangan ini sangat mempengaruhi rendemen pada bulir padi. Selain menggangu kinerja tanaman, serangan hama penyakit pun bisa menghentikannya, seperti contoh serangan penggerek batang, hama ini menyerang malai produktif sehingga nutrisi yang seharusnya untuk bulir menjadi terganggu atau bahkan terhenti dengan itu kualitas dari bulir padi pun menjadi jelek bahkan hampa.

4. Faktor Jenis varietas

Varietas yang ditanampun memberikan pengaruh terhadap jumlah rendemen pada bulir padi, untuk lebih baiknya carilah varietas unggul agal hasil panen dapat lebih maksimal.

5. Faktor Perlakuan

Perlakuan ini mencakup pemberian pupuk, pengendalian, pengelolaan, pengamatan dan lain lain, Sehingga sangat berpengaruh terhada rendemen dari bulir padi itu sendiri.

6. Faktor Panen dan Pasca panen

Yang terakhir adalah faktor panen dan pasca panen, lakukanlah pemanenan padi sesuai umur tanaman siap dipanen yang bisa dicirikan melalui fisiologinya yang berupa bulir padi yang telah mengguning, jika dipanen tidak sesuai umur maka akan terjadi turunnya rendemen gabahnya. Perlakuan pasca panen pun sangat diperlukan seperti contoh dilakukan pengeringan dengan maksimal kadar air 14% dan mesin penggilingan yang tidak ada kendala atau dalam keadaan yang baik.

Demikian 6 Faktor yang mempengaruhi RENDEMEN Gabah atau Padi bisa Naik ataupun Turun, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa memberikan solusi terutama dalam peningkatan hasil panen.

No comments

Post a Comment