Wednesday, November 8, 2017

3 Tahun Pencapaian Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Kementan di Era Kabinet Kerja

Sudah 3 tahun kabinet kerja kepemimpinan Pak Presiden Jokowi, banyak torehan prestasi yang dibuat beliau untuk memajukan negeri ini salah... thumbnail 1 summary

Sudah 3 tahun kabinet kerja kepemimpinan Pak Presiden Jokowi, banyak torehan prestasi yang dibuat beliau untuk memajukan negeri ini salahsatunya adalah disektor Pertanian.


Resource : Fb. Kementerian Pertanian Republik Indonesia
Dengan kepemimpinan Pak Amran Sulaiman yang memasuki tahun ketiga selaku Menteri Pertanian di Era Kabinet Kerja bapak Presiden Joko Widodo, beliau berusaha terus menggenjot 11 komoditas strategis untuk terus meningkatkan produksinya.

Dari 11 komoditas tersebut, 4 komoditas strategis tersebut telah selesai dikerjakan bahkan bisa disebut sebagai prestasi yang membanggakan, dari ke 4 komoditas tersebut kini Indonesia sudah tidak melakukan lagi Impor Beras medium, Jagung, Bawang Merah dan Cabe segar.

Bahkan untuk komoditas Beras, Indonesia sempat mengekspor beras ke Papua Nugini dan untuk komoditas Bawang merah, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 2017, tepat sehari setelah hari kemerdekaan Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas ekspor Bawang merah ke Negara Thailand sebagai kado hari kemerdekaan Indonesia dengan sebelumnya Indonesia sendiri lah yang mengimpor bawang merah dinegara tersebut.

Untuk Komoditas Bawang merah tepatnya pada tanggal 11 Oktober lalu, Indonesia juga mampu mengekspor bawang merah segar ke Negara Timor Leste, sementara disela sela Hari pangan sedunia yang ke 37, tepatnya pada tanggal 20 Oktober 2017 Indonesia melalui kementrian Pertanian mengekspor Beras ke Malaysia melalui jalur kabupaten Sanggau menuju ke perbatasan Entikong di Kalimantat barat.

Untuk rencana kedepan setidaknya untuk 2 tahun kedepan Kementerian Pertanian kepemimpinan Pak Amran Sulaiman berjanji untuk lebih memantapkan swasembada berkelanjutan terutama pada komoditas Padi, Jagung, Bawang merah dan Cabai segar, selain dari itu Kementrian Pertanian juga menargetkan swasembada Kedelai, Bawang putih dan Gula konsumsi pada tahun 2020 serta terus meningkatkan produksi rempah rempah dalam negeri.

Saat diwawancarai disela Hari pangan dunia yang ke 37, pak Amran Sulaiman mengatakan "Hari Pangan sedunia yang ke 37 ini, kami jadikan momentum untuk melompat lagi untuk menyelesaikan pangan pangan lagi yang belum selesai belum swasembada dan mengembalikan kejayaan rempah rempah Indonesia seperti 500 tahun yang lalu, itu perintah bapak Presiden".

Kami dari blog Sampul Pertanian mengucapkan selamat bekerja, semoga target target pak Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian bisa tercapai. Semangat untuk pertanian Indonesia.

No comments

Post a Comment