Saturday, November 18, 2017

2 Cara menanam Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Cara tanam Pucuk Merah ( Syzygium oleana ) - Tanaman Pucuk Merah sering kita temui ditanam sebagai tanaman hias, mengapa pucuk merah di... thumbnail 1 summary

Cara tanam Pucuk Merah (Syzygium oleana) - Tanaman Pucuk Merah sering kita temui ditanam sebagai tanaman hias, mengapa pucuk merah disebut sebagai tanaman hias? Karena tanaman ini mempunyai daun muda atau pucuk yang berwarna merah, jika dikombinasikan dengan daun yang sudah tua, menjadi kombinasi hijau dan merah yang indah.


Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Tanaman yang mempunyai nama latin Syzygium oleana ini biasanya ditanam dipinggir pinggir jalan, depan rumah, maupun dipekarangan rumah, selain indah dilihat, tanaman pucuk merah ini bisa dijadikan penghijauan didaerah rumah kita.

Untuk menanam Pucuk Merah ini bisa dengan 2 cara, adapun ke dua cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menanam Pucuk Merah dengan Cara Generatif


Cara Generatif merupakan cara perkembangbiakan dari hasil perkawinan atau persilang, seperti contoh penanaman melalui biji. Biji tanaman pucuk merah ini diperoleh dari pohon yang sudah cukup tua dan mempunyai batang yang besar. Biji dari Pucuk merah ini berbentuk bulat dengan ukurannya kecil dan berwarna hitam.

Cara Semai biji Pucuk Merah
Penyemaian biji bisa dilakukan ditanah langsung ataupun menggunakan polybag. Isi dengan tanah yang gembur dengan perbandingan 2 : 1 : 1 dimana tanah, sekam bakar dan pupuk kandang diaduk. Rendam terlebih dahulu biji dengan ZPT, jika sudah tumbuh kira kira ukuran 15 - 20 cm bisa dipindahkan ke tanah atau ke polybag yang lebih besar, selanjutnya dilakukan perawatan.

2. Menanam Pucuk Merah dengan Cara Vegetatif


Menanam dengan cara vegetatif ini adalah perkembangbiakan tanpa melalui persilangan atau perkawinan. Penanaman dengan Vegetatif ini bisa melalu batang, daun dan lain lain. Seperti contohnya dengan cangkok dan stek batang.

Jika ingin melakukan penyetekan, pilhlah batang yang cukup besar potong dengan ukuran 20 - 25 cm, potong daun yang ada dan sebelum ditancapkan lakukan perendaman dengan menggunakan ZPT untuk merangsang akar.

Demikian artikel tentang cara menanam tanaman Pucuk Merah (Syzygium oleana), semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi yang ingin menanam tanaman pucuk merah.

No comments

Post a Comment