-->
Syarat Tumbuh Tanaman KACANG BUNCIS (Phaseolus vulgaris L.)

Syarat Tumbuh Tanaman KACANG BUNCIS (Phaseolus vulgaris L.)

Artikel kali ini blog Sampul Pertanian akan membahas tentang Syarat tumbuh tanaman buncis, syarat ini sangat penting sebelum memulai membudidayakannya dengan memperhatikan tempat dan kondisi lingkungan baik iklim maupun tanah yang cocok untuk keberlangsungan hidup tanaman buncis itu sendiri agar pertumbuhan dan perkembangannya baik serta dapat menghasilkan produksi yang tinggi.


Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.)
Untuk itu kita akan membahas syarat tumbuh tanaman Buncis baik secara iklim maupun tanah mulai dari pH sampai pada karakteristik tanah itu sendiri, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut,

Iklim untuk Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.)


Di Indonesia termasuk beriklim tropis yang cocok untuk ditanami jenis sayuran khususnya seperti Buncis namun untuk pertumbuhan dan hasil yang lebih baik, tanaman buncis sangat cocok di daerah yang beriklim basah sampai kering dengan ketinggian tempat yang bervariasi.
Umumnya tanaman buncis tidak membutuhkan ketinggian khusus, namun ketinggian yang paling baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman buncis adalah dikisaran antara 1000-1500 m dpl. Tidak sedikit pula buncis ditanam pada ketinggian tempat 300-600 m dpl. Terdapat hasil penelitian dari buncis yang dibudidayakan pada ketinggian tempat 200-300 m dpl dan hasilnya memuaskan.

Kebutuhan sinar matahari untuk tanaman buncis membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak sehingga tidak memerlukan naungan untuk tanaman hidup, Jumlah intensitas sinar matahari yang baik bagi tanaman buncis pada umumnya berkisar antara 400-800.

Suhu yang ideal untuk tanaman buncis berkisar antara 20-25 derajat celcius, Namun apabila suhu kurang dari 20 derajat celcius maka proses fotosintesis pada tanaman buncis akan terganggu sehingga pertumbuhannya terhambat dan menghasilkan polong sedikit, Sementara untuk suhu yang lebih besar dari 25 derajat celcius akan menyebabkan proses pernapasan pada tanaman buncis yang berlebih yang dapat mengurangi proses fotosintesis sehingga banyak polong yang hampa. Kelembaban udara yang dibutuhkan oleh tanaman buncis kurang lebih 55% atau kelembaban sedang.

Tanah untuk Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.)


Syarat tumbuh tanaman buncis yang kedua adalah tanah atau Media tanah, tanah yang baik adalah tanah yang sehat banyak mengandung bahan organik, gembur, remah, subur dan permeabilitasnya tinggi serta cukup air. Contoh jenis tanah yang baik bagi tanaman buncis adalah tanah jenis andosol dan regosol dengan erajat keasaman tanah atau pH yang diperlukan untuk tanaman buncis berkisar antara pH 5,5 sampai 6. Jika pH tanah kurang dari 5,5 maka proses penyerapan unsur hara akan terganggu bahkan tanaman bisa menjadi keracunan.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments