Thursday, October 5, 2017

Perbedaan Pupuk Kandang, Pupuk Kompos dan Pupuk Bokashi

Salam Pertanian - Terkadang kita merasa binggung membedakan jenis-jenis pupuk terutama jenis pupuk organik, Seringkali kita mudah saja me... thumbnail 1 summary

Salam Pertanian - Terkadang kita merasa binggung membedakan jenis-jenis pupuk terutama jenis pupuk organik, Seringkali kita mudah saja menyebutnya sebagai pupuk organik saja baik itu pupuk kandang ataupun pupuk kompos padahal secara bentuk dan cara pembuatannya pun berbeda.


Pupuk Kompos
Kali ini blog sampul pertanian akan menerangkan sedikit Perbedaan antar Pupuk Kandang dan Pupuk Kompos. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut.

A. PUPUK KANDANG

Pupuk kandang adalah pupuk hasil olahan kotoran hewan , biasanya hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan lain-lain yang diberikan pada lahan pertanian untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah. Pupuk kandang ini merupkan pupuk yang lengkap.

Kandungan pupuk kandang selain unsur hara yang melimpah juga mengandung nitrogen (N), fospor (P) dan kalium (K) yang tinggi pula, dengan kadar persentase Kandungan kadar air 24,21 %, nitrogen, 1,11 %, karbon organik 18,76 %, C/N ratio 1,62 %, fospor 1,62 %, kalium 7,26 %.

B. PUPUK KOMPOS

Pupuk Kompos adalah pupuk hasil penguraian parsial/tidak lengkap dari campuran bahan-bahan organik yang dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang hangat, lembap, dan aerobik atau anaerobik.

Pupuk Kompos mempunyai kandungan yang terdiri dari unsur hara 1,69 %, Nitrogen 0,34 %, dan Kalium 2,81 %. Kandungan ini dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hara pada tanaman, jadi harus lah diperlukan pupuk yang tidak sedikit jika dibandingkan dengan penggunaan pupuk kimia.

Keuntungan lain dari pupuk Kompos adalah dikarenakan mengandung asam organik yang sangat berguna untuk tanaman, mikroorganisme atau pun lingkungan sekitarnya yang tidak dimiliki oleh pupuk anorganik. Asam organik dari pupuk kompos terdiri dari asam humic, asam fulfic, hormon dan enzym.

Demikian artikel tentang perbedaan pupuk kandang dengan pupuk kompos semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita, akhir kata kami ucapkan terimakasih dan tetap kunjungi blog sampul pertanian karena masih banyak info menarik seputar pertanian.

No comments

Post a Comment