Wednesday, October 25, 2017

Pengertian Tanah Asam atau Masam

Apa itu tanah Asam - Kita sering sekali mendengar istilah Asam dan Basa, baik itu pada makanan, minuman bahkan dalam dunia pertanian atau... thumbnail 1 summary

Apa itu tanah Asam - Kita sering sekali mendengar istilah Asam dan Basa, baik itu pada makanan, minuman bahkan dalam dunia pertanian atau pertanahan juga kita sering mendengarnya, lantas apa pengertian dari Asam dan Basa dalam dunia pertanian?


Mengukur dengan pH meter
Asam dan Basa dalam dunia pertanian seringkali dikaitkan dengan kadar pH tanah, jika pH tanah rendah tanah tersebut asam atau masam, sedangkan jika pH tanah tinggi tanah tersebut Basa.

Terus apa pengertian Tanah Masam atau asam? Dari kalimat diatas dapat disimpulkan Pengertian tanah Asam atau Masam adalah tanah yang memiliki nilai pH kurang dari 5,5 baik terdapat pada tanah kering maupun tanah basah.

Keasaman tanah ditentukan oleh kadar atau kepekatan ion hidrogen yang ada didalam tanah. Jika kadar kepekatan ion hidrogen terlalu tinggi maka tanah akan bereaksi menjadi asam atau masam, sedangkan jika kepekatan ion hidrogen yang terdapat didalam tanah terlalu rendah maka tanah akan bereaksi menjadi basa. Pada kondisi ini kadar kation OH- lebih tinggi dari ion H+.

Penyebab terjadinya tanah asam atau masam ini terjadi oleh beberapa hal seperti, berlebihnya pemberian pupuk anoraganik seperti Urea, Za dll, Curah hujan yang tinggi, seringnya tanah tergenang air dan kelebihan unsur Fe ( Besi ), Al ( Almunium ) dan Cu ( Tembaga ).


Ciri ciri tanah yang asam atau masam secara kasat bisa kita rasakan jika tanah tercium berbau, Permukaan air diatas tanah terlihat berkarat (kekuningan), pertumbuhan lumut meningkat lebih cepat

Baca Juga : Cara memperbaiki pH Tanah yang Asam atau Masam

Demikian artikel tentang pengertian Pengertian Tanah Asam atau Masam, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan manfaat bagi kita semua, akhir kata Salam Pertanian.

No comments

Post a Comment