Thursday, October 19, 2017

Pengertian GKP, GKS dan GKG dalam dunia Pertanian

Pengertian GKP, GKS dan GKG dalam dunia Pertanian - Dalam dunia pertanian kita mengenal dengan istilah GKP, GKS dan GKG. Istilah-istilah ... thumbnail 1 summary

Pengertian GKP, GKS dan GKG dalam dunia Pertanian - Dalam dunia pertanian kita mengenal dengan istilah GKP, GKS dan GKG. Istilah-istilah tersebut sering kita jumpai jika dilakukannya panen padi.


Panen Konvensional
Bagi yang sering berkecimpung dalam pertanian terutama pada pertanian tanaman padi pasti sudah mengetahuinya, lantas bagi yang pemula mungkin cukup membingungkan.

Postingan kali ini mungkin bisa memberikan tambahan informasi tentang istilah-istilah tersebut. Untuk lebih jelas langsung saja kita lihat dibawah ini,

1. GKP (Gabah Kering Panen)


GKP adalah singkatan dari Gabah Kering Panen , gabah GKP ini mempunyai kandungan kadar air lebih besar dari 18% namun lebih kecil atau sama dengan 25% dari kadar air pada gabah, hampa/kotoran lebih besar dari 6% tetapi lebih kecil atau sama dengan 10%, butir hijau/mengapur lebih besar dari 7% tetapi lebih kecil atau sama dengan 10%, butir kuning/rusak maksimal 3% dan butir merah maksimal 3%.


2. GKS (Gabah Kering Simpan)


GKS (Gabah Kering Simpan) adalah gabah yang mengandung kadar air lebih besar dari 14% tetapi lebih kecil atau sama dengan 18%, ciri lainnya memiliki kotoran/hampa lebih besar dari 3% tetapi lebih kecil atau sama dengan 6%, butir hijau/mengapur lebih besar dari 5% tetapi lebih kecil atau sama dengan 7%, dan butir kuning/rusak maksimal 3% dan butir merah maksimal 3%. Gabah dengan cara tersebut diperuntukan untuk disimpan sebelum dilakukan penggilangan.

3. GKG (Gabah Kering Giling)


GKG (Gabah Kering Giling) adalah gabah yang mempunyai kandungan kadar air maksimal 14% karena jika lebih akan terjadi pecah saat penggilingan, selanjutnya mempunyai kandungan kotoran/hampa maksimal 3%, butir hijau/mengapur maksimal 5%, dan mempunyai butir kuning/rusak maksimal 3% dan butir merah maksimal 3%.


Demikian Pengertian dari istilah-istilah seperti GKP, GKS dan GKG, semoga artikel ini bisa memberikan tambahan informasi bagi kita semua.

No comments

Post a Comment