Thursday, October 19, 2017

Pengertian GKP (Gabah Kering Panen)

GKP adalah Gabah kering panen atau bisa juga disebut gabah kering pungut. Gabah ini merupakan gabah yang baru saja dipanen dari lapangan ... thumbnail 1 summary

GKP adalah Gabah kering panen atau bisa juga disebut gabah kering pungut. Gabah ini merupakan gabah yang baru saja dipanen dari lapangan sehingga jumlah bobot gabah ini harus dilakungan pengeringan lebih lanjut jika ini dilakukan penyimpanan dan penggilingan.


Panen
Gabah GKP atau Gabah kering panen mempunyai kandungan kadar air lebih besar dari 18% namun lebih kecil atau sama dengan 25% kadar air dari GKP memang lebih tinggi dari GKS damw GKG, selanjutnya mempunyai hampa/kotoran lebih besar dari 6% tetapi lebih kecil atau sama dengan 10%, butir hijau/mengapur lebih besar dari 7% tetapi lebih kecil atau sama dengan 10%, butir kuning/rusak maksimal 3% dan butir merah maksimal 3%.

GKP (Gabah Kering Pane) ini biasanya sering dijadikan acuan bobot hasil panen, baik produksi maupun produktivitas. Untuk menghitungnya bisa dengan cara Ubinan dengan cara sederhana yakni dengan ukuran 2,5 meter x 2,5 meter dan jumlah rumpun didalamnya dipanen sehingga akan mendapat hasilnya, kemudian dilakukan penimbangan dan hasilnya dikali 16.

Demikian pengertian dari GKP (Gabah Kering Panen), semoga artikel ini bisa memberikan informasi tambahan tentang pertanian. Akhir kata terima kasih dan salam pertanian.

No comments

Post a Comment