Tuesday, October 3, 2017

OKMAR : Oktober - Maret persiapan Musim tamam

Bulan Oktober sudah datang dan musim penghujan sudah mulai turun, pertanda musim tanam atau MT1 akan segera dimulai, untuk mempersiapkan ... thumbnail 1 summary

Bulan Oktober sudah datang dan musim penghujan sudah mulai turun, pertanda musim tanam atau MT1 akan segera dimulai, untuk mempersiapkan musim tanam para petani khususnya dikota saya sudah mulai mempersiapkan untuk pengolahan lahan.


OkMar : Oktober - Maret Musim Tanam I
Musim tanam OkMar atau Oktober - Maret ini biasanya para petani sudah mulai mempersiapkan untuk menyambut musim tanam, mulai dari bibit sampai pada biaya pengolahan dan penanaman, selain mempersiapkan hal tersebut petani harus memperhatikan juga peramalan OPT yang akan dihadapi di musim tanam OkMar ini.

Menurut informasi dari peramalan Opt untuk musim tanam Oktober-Maret ini diramalkan akan terjadi serangan Wereng Batang Coklat dan hama penggerek batang. Oleh karena itu kita wajib menyediakan amunisi untuk menghadapi hama hama tersebut. Salahsatu cara yang efektif adalah dengan pencegahan dan pengendalian sejak dini.

Untuk pengendalian dan pencegahan hama wereng batang coklat adalah dengan cara pengamatan yang lebih utama. Tanaman padi akan mulai diserang hama WBC mulai pada minggu pertama dan kedua setelah tanam, minggu-minggu ini disebut minggu pengamatan kritis. Selanjutnya pada minggu ke 5, hama WBC akan mulai menyebar dengan adanya keturunan pertama dari hama wereng batang coklat tersebut, jumlah rata - rata pada minggu ke 5 sekitar 10 - 20 ekor/rumpun. Jika dibiarkan pada minggu ke 10 akan terjadi ledakan serangan yang mengakibatkan tanaman padi fuso.

Sama halnya untuk pencegahan hama penggerek batang, pencegahan secara dini dengan cara pengumpulan atau pengambilan kelompok telur yang dilakukan mulai dari fase persemaian karena kegiatan cukup efektik untuk menghambat penyebaran hama penggerek batang, jika terjadi serangan usahakan penggunaan pestisida yang tepat jenis, tepat dosis, tepat sasaran dan tepat waktu pengendalian. Untuk menekan perkembangan hama ini bisa juga dengan cara menggunakan agen hayati yaitu dengan cara penyemprotan Trichoderma karena untuk sementara agen hayati ini terbukti efektif menekan penyebaran dari hama penggerek batang.

Dengan mempersiapkan sejak awal, dari teknik budidaya sampai pada pengendalian diharapkan, penanaman pada musim tanam 1 Oktober-Maret ini bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Akhirkata terima kasih dan salam pertanian.

No comments

Post a Comment