Friday, October 6, 2017

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera indica)

Mangga atau pohon mangga saya rasa hampir semua lapisan masyarakat sudah mengetahuinya. Buah yang mempunyai nama ilmiah Mangifera indica... thumbnail 1 summary

Mangga atau pohon mangga saya rasa hampir semua lapisan masyarakat sudah mengetahuinya. Buah yang mempunyai nama ilmiah Mangifera indica ini termasuk ke dalam Marga Mangifera yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacard iaceae.


Mangga (Mangifera indica L/)
Pohon mangga termasuk tumbuhan habitus atau tumbuhan tingkat tinggi dengan struktur batangnya yang termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m, tinggi pohon mangga bisa mencapai tinggi 20 sampai 40 m jika keadaan tanahnya subur.

Berikut ini akan membahas tentang Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera indica), adapun Klasifikasi Dan Morfologi adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Tanaman Mangga (Mangifera indica)


Klasifikasi Tanaman Mangga
(Mangifera indica)
Kingdome
: Plantae
Sub kingdom
: Viridiplantae
Infra kingdom
: Streptophyta
Super divisi
: Embryophyta
Divisi
: Tracheophyta
Sub divisi
: Spermatophytina
Kelas
: Magnoliopsida
Super ordo
: Rosanae
Ordo
: Sapindales
Famili
: Anacardiaceae
Genus
: Mangifera L.
Spesies
: Mangifera indica L.

Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera indica)


Daun Tanaman Mangga

Mangga mempunyai ciri-ciri fisik pada daunnya adalah sebagai berikut : daun berwarna hijau, berselang seling, dan mempunyai bentuk oval dengan runcing pada ujungnya, pinggiran daunnya bergelombang dengan panjang daun sekitar 10-35 cm dan lebar 5-16 cm tergantung varietas. Daun mangga yang masih muda biasanya berwarna kemerahan, keunguan atau kekuningan, jika daun sudah tua akan berubah pada bagian permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah berwarna hijau muda.

Bunga dan buah Tanaman Mangga

Pohon mangga mempunyai bunga berbentuk bulir ujungnya dengan panjang 1-1,5 cm, ukuran bunga mangga sangat kecil dan berwarna putih, dengan mempunyai lima kelopak yang panjangnya sekitar 5-10 mm, apabila kelopak bunga mangga rontok, buah mulai akan matang setelah 3-6 bulan. Ukuran buah mangga mempunyai panjang sekitar 10-25 cm, diameter 7-12 cm. Berat hingga 2,5 kg dengan warna buah yang masak antara warna kuning, jingga, atau merah sedangkan pada waktu buah masih muda akan berwarna hijau.

Akar Tanaman Mangga

Perakaran pohon mangga mempunyai akar Tunggang dengan mempunyai cabang pada akarnya, akar utama akan menancap dalam kedalam tanah dengan kedalaman sekitar 6 Meter.

Batang Tanaman Mangga

Batang pohon mangga berkayu dengan kulit batang pohon mangga tebal dan kasar dan berwarna coklat gelap hingga abu-abu kehitaman. Batang pohon bisa mencapai ketinggian 40 meter dengan mempunyai ranting disetiap batangnya.

No comments

Post a Comment