Saturday, October 7, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Padi (Oryza sativa L.)

Padi atau dalam bahasa latinnya Oryza sativa L. Merupakan tanaman pokok yang sering ditanam para petani. Tanaman padi ini menjadi sumber... thumbnail 1 summary

Padi atau dalam bahasa latinnya Oryza sativa L. Merupakan tanaman pokok yang sering ditanam para petani. Tanaman padi ini menjadi sumber utama pangan dinegara kita oleh karena itu banyak sekali metode atau program untuk meningkatkan hasil dari produksi tanaman yang satu ini.


Padi (Oryza sativa L.)
Kali ini blog Sampul Pertanian tidak membahas tentang metode dari budidaya tanaman padi, melainkan akan membahas tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman padi, berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi dari tanaman padi atau Oryza sativa L.

Klasifikasi Tanaman Padi (Oryza sativa L.)


Klasifikasi Tanaman Padi
(Oryza sativa L.)
Kingdom : Plantae
Sub kingdom : Viridiplantae
Infra kingdom : Streptophyta
Super divisi : Embryophyta
Divisi : Tracheophyta
Sub divisi : Spermatophytina
Kelas : Magnoliopsida
Super ordo : Lilianae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Oryza L.
Spesies : Oryza sativa L.

Morfologi Tanaman Padi (Oryza sativa L.)


Morfologi Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti Akar, Batang, Daun, Malai, Bunga dan Buah, berikut adalah morfologinya.

Akar tanaman padi

Akar tanaman padi berbentuk serabut, namun akar padi ini terdiri dari 4 bagian, seperti akar Radikula merupakan akar yang tumbuh pada saat benih mulai berkecambah. Pada benih yang sedang berkecambah timbul calon akar dan batang, selanjutnya setelah 5-6 hari terbentuk akar tunggang, akar serabut akan tumbuh disebut Akar serabut (akaradventif), kemudian Akar rambut merupakan bagian akar yang keluar dari akar tunggang dan akar serabut. Akar ini merupakan saluran pada kulit akar yang berada diluar, dan ini penting dalam pengisapan air maupun zat-zat makanan. Akar rambut biasanya berumur pendek sedangkan bentuk dan panjangnya sama dengan akar serabut dan yang terakhir disebut akar tajuk atau crown roots, akar ini adalah akar yang tumbuh dari ruas batang terendah. Akar tajuk ini dibedakan lagi berdasarkan letak kedalaman akar di dalam tanah yaitu akar yang dangkal dan akar yang dalam. Apabila kandungan udara di dalam tanah rendah, maka akar-akar dangkal mudah berkembang.

Batang tanaman padi

Tanaman memiliki batang yang tersusun dari beberapa ruas. Ruas-ruas itu berbentuk bulat dengan kosong dibagian tengahnya, pada buku bagian bawah dari ruas tumbuh daun pelepah yang membalut ruas sampai buku bagian atas.

Daun tanaman padi

Tanaman padi mempunyai daun yang panjang dengan mempunyai tulang daun dibagian tengahnya, pada bagian daun ditumbuhi bulu-bulu halus. Warna daun padi berwarna hijau jika masih muda, dan jika sudah tua berwarna kuning. Daun padi terbagi 3 bagian, yang pertama helaian padi, pelepah daun dan lidah daun.

Bunga dan Malai tanaman padi

Bunga padi berwarna putih, biasanya mulai mekar sekitar jam 9-10 pagi dan menutup pada jam 3-4 sore. bunga padi tebagi menjadi beberapa bagian seperti kepala sari, tangkai sari, palea (belahan yang besar), lemma (belahan yang kecil), kepala putik, dan tangkai bunga. kumpulan bunga padi disebut malai padi.

Buah tanaman padi

Buah padi atau kita sering menyebutnya gabah, buah padi muda berwarna hijau jika sudah matang buah padi akan berwarna kuning. Buah padi mempunyai lapisan yang disebut sekam. Bentuk buah padi lonjong dengan diujung buah runcing.

No comments

Post a Comment