-->
Klasifikasi dan Morfologi Bunga Teratai (Nymphaea spp)

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Teratai (Nymphaea spp)

Bunga Teratai merupakan jenis tanaman yang hidup dipermukaan air atau diatas air. Sehingga tanaman ini sangat membutuhkan kelembaban yang sangat tinggi.


Bunga Teratai (Nymphaea spp)
Tanaman bunga teratai ini berasal dari daratan Asia yang mudah ditemui di kolam atau tumbuh liar di rawa rawa maupun sungai-sungai yang mempunyai air yang jernih dan dangkal.

Di Indonesia bunga teratai sering dijumpai sebagai tanaman hias untuk kolam-kolam ditaman, dengan mempunyai bunga yang indah menambah keindahan dari kolam tersebut.

Tanaman yang tergolong kedalam Famili Nymphaeales ini mempunyai klasifikasi sebagai berikut.

Klasifikasi Tanaman Bunga Teratai (Nymphaea spp)


Klasifikasi Tanaman Bunga Teratai
(Nymphaea spp)
Kingdom
plantae
Sub kingdom
viridiplantae
Infra kingdom
streptophyta
Super divisi
embryophyta
Divisi
tracheophyta
Sub divisi
spermatophytina
Kelas
magnoliopsida
Super ordo
nymphaeanae
Ordo
nymphaeales
Famili
nymphaeaceae
Genus
nymphaea l
Spesies
nymphaea alba l.

Morfologi Tanaman Bunga Teratai (Nymphaea spp)


Tanaman Bunga Teratai mempunyai morfologi terdiri dari akar, batang, daun dan bunga, adapun morfologinya adalah sebagai berikut,

Morfologi Akar Bunga Teratai (Nymphaea spp)


Walaupun tumbuh pada permukaan air, namun akar tanaman ini menancap kedasar kolam sehingga bisa sebagai pencengram tanaman agar tidak terbawa arus, bunga eratai memiliki akar yang berongga. Akar pada tanaman ini kurang berkembang dengan baik karena tidak mempunyai bulu akar atau tudung akar.

Morfologi Batang Teratai Bunga Teratai (Nymphaea spp)


Batang yang dimiliki tanaman teratai berguna untuk menopang daun agar mengapung di atas permukaan air, karena sebagian besar batang teratai berada di bawah permukaan air, Batang bunga teratai pun juga berfungsi untuk mengasorbsi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman selain dari itu batangnya mempunyai rongga-rongga yang dipenuhi udara didalamnya.

Morfologi Daun Bunga Teratai (Nymphaea spp)


Daun bunga teratai berbentuk bulat, lebar, tipis dan berwarna hijau pada tepian daunnya mempunyai bentuk bergerigi. Daun tanaman teratai ini tumbuh dengan cara merambat dengan mempunyai tulang daun kecil. Seperti umumnya tanaman air. Daun tanaman teratai juga mempunyai lapisan yang berguna membersihkan diri dari kotoran.

Morfologi Bunga Bunga Teratai (Nymphaea spp)


Tanaman bunga teratai memiliki bunga teratai tumbuh tegak pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang tanaman. Bunga teratai mempunyai kelopak bunga yang banyak dan berlapis selain itu Warna bunga teratai memiliki warna yang indah, warna gradasi dari warna merah muda dan memutih sampai pada ujung bunga.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments