Wednesday, October 18, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan

Banyak sekali cara untuk memperbanyak tanaman, baik itu dengan cara stek, okulasi ataupun dengan cara cangkok. Kali ini blog Sampul Perta... thumbnail 1 summary

Banyak sekali cara untuk memperbanyak tanaman, baik itu dengan cara stek, okulasi ataupun dengan cara cangkok. Kali ini blog Sampul Pertanian akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan, lantas apa saja?


Metode Cangkok
Sebelum melangkah pada Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan terlebih dahulu kita mengenal secara singkat apa itu metode cangkok? Cangkok menurut versi pertanian adalah suatu cara pembiakan vegetatif buatan pada tanaman yang bertujuan memperbanyak tanaman dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk.

Cara pencangkokan ini cukup efektif karena hasil tanaman yang dicangkok mirip dengan indukannya, namun dari keunggulan tersebut terdapat kekurangannya, adapun Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan adalah sebagai berikut.

Kelebihan Tanaman Hasil Cangkokan


1. Tanaman mempunyai sifat yang sama dengan indukan

Tanaman hasil cangkokan akan mempunyai sifat yang sama dengan indukannya, jika mempunyai indukan tanaman yang mempunyai buah yang manis, produksi tinggi sangat baik jika dilakukan pencangkokan untuk memperbanyak tanaman tersebut.

2. Tanaman akan cepat berbuah

Tanaman hasil cangkokan memiliki keunggulan lain jika dibandingkan tanaman dari hasil biji yaitu cepat berbuah karena tanaman hasil dari cangkokan atau dicangkok berasal dari pohon induk yang pernah berbuah dan batang tanaman yang sudah tua.

3. Tanaman tidak terlalu tinggi

Tanaman hasil dari cangkok biasanya mempunyai tinggi tanaman yang cukup rendah jika dibandingkan dengan tanaman yang ditanam dengan cara biji atau cara generatif.

Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan


1. Tanaman mudah roboh

Tanaman akan mudah roboh jika terkena angin atau banjir, Tanaman hasil cangkok mempunyai perakaran yang kurang kuat dan cenderung mempunyai perakaran yang dangkal berbeda jika dibandingkan dengan tanaman dari hasil perbanyakan generatif atau dari biji.

2. Tanaman tidak tahan cuaca ekstrim

Cuaca seperti kemarau, tanaman dari hasil cangkok tidak cukup kuat untuk menahan kekeringan, sebab itu tanaman hasil cangkokan harus dilakukan penyiraman setiap saat.

Demikian Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. Akhirkata terima kasih dan salam pertanian.

No comments

Post a Comment