Thursday, October 5, 2017

Kelebihan dan Kekurangan tanam benih Hibrida

Dalam rangka target peningkatan hasil produksi pertanian berbagai cara dilakukan, mulai dari teknik budidaya, pengendalian opt dan sampa... thumbnail 1 summary

Dalam rangka target peningkatan hasil produksi pertanian berbagai cara dilakukan, mulai dari teknik budidaya, pengendalian opt dan sampai pada persilangan indukan atau kita sering mengenalnya dengan nama Hibrida.


Tanaman Jagung
Hibrida merupakan produk persilangan dari 2 induk padi yang berbeda secara genetik. Jika indukan-indukan yang diseleksi secara tepat maka hasil hibrida turunannya akan mempunyai vigor dengan daya hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan kedua tetua atau indukannya tersebut.

Dipasaran kita dapat menemukan benih-benih hibrida yang dijual dikios-kios pertanian, mulai dari benih hibrida tanaman sayuran seperti Jagung, Kacang panjang, Cabe dan lain-lain sampai pada tanaman buah-buahan seperti kelapa, semangka dan tanaman pangan seperti padi.

Ternyata untuk menanam benih hibrida ini ada kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari menanam benih hibrida ialah:

1. Keunggulan tanam benih hibrida

a. Hasil produksi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil benih unggul biasanya
b. Vigor lebih baik jadi lebih kompetitif terhadap gulma

2. Kekurangan tanam benih hibrida

a. Benih pada umumnya berharga lebih mahal daripada benih unggul jenis lainnya.
b. Benih hibrida tidak dapat ditanam ulang, jika dipaksakan ditanam hasil akan jauh turun dan cenderung petani merugi.

No comments

Post a Comment