Wednesday, October 11, 2017

Kelebihan dan kekurangan Pupuk Daun

Kelebihan dan kekurangan Pupuk Daun - Untuk mendapatkan tanaman dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik kita perlu membeikan perlak... thumbnail 1 summary

Kelebihan dan kekurangan Pupuk Daun - Untuk mendapatkan tanaman dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik kita perlu membeikan perlakuan pemupukan, pemupukan bisa dilakukan 2 cara, yang pertama adalah dengan cara pemupukan tabur dan cara kedua dengan cara penyemprotan atau disebut juga foliar fertilizer atau foliar feeding.


Foliar feeding
Pemupukan dengan cara penyemprotan atau dikenal dengan pupuk daun ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya, namun sebelum membahasnya, terlebih dahulu kita harus tau apa itu pupuk daun, pupuk daun bukannya pupuk yang berbahan dari daun atau pupuk untuk menumbuhkan daun, melainkan pupuk adalah pupuk yang berbahan baku organik maupun kimia yang diberikan pada tanaman melalui mulut daun (Stomata) dengan cara disemprotkan dengan tujuan memberikan unsurhara tambahan untuk tanaman selain yang diserap oleh akar tanaman.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan pemberian pupuk daun menurut versi blog Sampul Pertanian, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Kelebihan dari Pupuk Daun

Berikut ini adalah keuntungan pupuk daun jika dibandingkan dengan pupuk akar, adapun keuntungannya adalah sebagai berikut,

1. Penyerapan nutrisi lebih cepat

Keuntungan pertama memberikan pupuk daun, penyerapan nutrisi lebih cepat, karena melalui mulut daun, maka efeknya terhadap tanaman pun akan lebih cepat terlihat, seperti tumbuhnya tunas, daun menjadi hijau dll.

2. Mencegah kerusakan pada tanah

Memang sulit untuk tidak mengelak, penggunaan pupuk kimia lambat laun akan merusak struktur tanah yang jelas pH tanah akan menjadi masam dan itu tidak baik bagi tanaman, dengan pemberian pupuk daun, pemupukan tidak melalui tanah melainkan mengenai langsung ke tanaman jadi dengan menggunakan pupuk daun dapat mencegah kerusakan pada tanah

3. Memberikan Nutrisi tambahan
Nutrisi yang didapat dari penyerapan akar dirasa masih kurang untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terbukti dengan diberikannya pupuk daun, tanaman bisa lebih hijau dan sehat jika dibandingkan dengan tanaman yang tidak diberikan pupuk daun.

4. Unsur hara lebih lengkap

Pupuk daun umumnya mempunyai unsur hara yang lebih lengkap, berbeda dengan pupuk yang biasa ada pada pupuk akar, sehingga pemberian pupuk daun bisa memberikan unsur hara yang dibutuhkan tanaman yang tidak ada dalam pupuk akar.

Kekurangan dari Pupuk Daun.

Selain keuntungan yang didapat, ternyata pupuk daun pun ada kerugiannya, adapun kerugian apa saja yang didapat dari pupuk daun, mari kita lihat.

1. Dosis pupuk harus tepat dosis

Memang sama halnya dengan penggunaan pupuk pada akar, jika menggunakan pupuk daun dengan dosis berlebih maka efek yang didapat berupa daun akan menguning bahkan kering sehingga tanaman akan mati jika terus diberikan pupuk.

2. Lebih mahal

Pembelian pupuk daun umumnya tidak disubsidi, sehingga harga pupuk daun cenderung jauh lebih mahal jika dibandingkan pupuk yang sering kita temui seperti Urea, Npk dll.

Demikian, kelebihan dan kekurangan pemberian pupuk daun, semoga artikel ini bisa mempertimbangkan hal terbaik khususnya untuk budidaya tanaman pertanian, agar hasil nya bisa melimpah dan bermanfaat. Amin..

No comments

Post a Comment