Monday, October 30, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Metode Hidroponik

Kelebihan dan Kekurangan Metode Hidroponik - Baru baru ini metode tanam dengan hidroponik sedang banyak digemari oleh masyarakat terutama... thumbnail 1 summary

Kelebihan dan Kekurangan Metode Hidroponik - Baru baru ini metode tanam dengan hidroponik sedang banyak digemari oleh masyarakat terutama yang berada diperkotaan yang sulit sekali menemukan lahan untuk bercocok tanam.


Hidroponik
Dengan menggunakan metode Hidroponik ini lahan sedikitpun bisa digunakan untuk bercocok tanam sehingga metode tanam yang tidak memerlukan lahan yang banyak selain itu hidroponik ini tidak menggunakan media tanah sehingga bisa disimpan dimana saja termasuk didalam diruangan yang terkena cahaya karena tidak mengotori ruangan.

Terlepas dari itu semua, metode tanam dengan hidroponik ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya, adapun kelebihan dan kekurangan metode Hidroponik ini adalah sebagai berikut,

KELEBIHAN HIDROPONIK

1. Tidak memerlukan lahan yang luas

Keuntungan pertama dari hidroponik ini yakni tidak memerlukannya lahan yang luas untuk mencoba, dengan hanya memanfaatkan ruang yang kosong dirumah anda, hidroponik bisa dicoba.

2. Dipanen lebih segar

Untuk yang anda suka tanaman segar saat dipanen, anda bisa mencoba metode hidroponik, karena dengan menggunakan hidroponik kita bisa memetik langsung dalam keadaan tanaman masih segar.

3. Bebas Pestisida

Tanaman hidroponik umumnya bebas dari pestisida, dengan metode hidroponik ini kita tidak perlu melakukan pengendalian hama dan penyakit memakai pestisida karena tanaman lebih bisa terkontrol dengan baik.

4. Hemat air

Walau namanya hidroponik, tapi metode ini sangat hemat air karena air yang tersedia habis karena dipenguapan dan diserap tanaman saja tanpa ada resapan oleh tanah sehingga air lebih hemat tanpa terbuang.

5. Hemat pupuk
6. Harga jual tinggi
7. Mempunyai nilai estetika lebih
8. Tanpa pengolahan lahan
9. Irit tenaga kerja
10. Tanpa penyiraman

KEKURANGAN HIDROPONIK

1. Mahalnya perlengkapan hidroponik

Masih mahalnya alat, bahan maupun nutrisi yang diperlukan untuk hidroponik sehingga hasil panen yang dihasilkan dari hidroponik mempunyai haga jual yang tinggi jika dibandingkan dengan hasil panen dari tanam konvensional

2. Sulitnya mendapat perlengkapan hidroponik

Masih sulitnya untuk mendapatkan perlengkapan hidroponik menjadi kekurangan dari hidroponik ini, untuk dikios kios pertanian pun masih sangat jarang ditemui untuk bisa membeli perlengkapannya seperti Rockwall dan nutrisinya.

3. Harus mempunyai keterampilan khusus

Jika kamu ingin mencoba metode hidroponik, kamu harus mempelajari terlebih dahulu teknik dasar dari hidroponik jika tidak bukannya memetik hasil melainkan tanaman yang ditanam akan mati.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari metode hidroponik, mudah-mudahan artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang hidroponik, akhir kata Salam Pertanian.

1 comment

  1. wah pas banget ane lagi mau nyoba nanem taneman hidroponik. tinggal nyari bibit nya aja hehe

    ReplyDelete