Thursday, October 5, 2017

Jenis Penyakit pada Tanaman Jagung

Kita mengenal dengan pola tanam Padi-Padi-Palawija, biasanya petani memulai menanam tanaman padi pada awal musim penghujan, sedangkan unt... thumbnail 1 summary

Kita mengenal dengan pola tanam Padi-Padi-Palawija, biasanya petani memulai menanam tanaman padi pada awal musim penghujan, sedangkan untuk penanaman tanaman palawija biasanya dilakukan setelah tanaman padi selesai dipanen.


Jagung (Zea mays)
banyak jenis tanaman palawija yang biasa ditanam para petani seperti contohnya tanaman Mentimun, Kacang Panjang, Jagung dan Kedelai. Untuk mencoba penanaman jagung alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu hama dan penyakit apa saja yang menyerang tanaman jagung, Berikut ini adalah beberapa penyakit yang menyerang tanaman jagung :

Hawar daun

Penyakit hawar daun adalah salah atau penyakit yang menyerang tanaman jagung dan disebabkan oleh helmithosporium turcicum yang di tandai mulai munculnya bercak pada daun berukuran kecil dan membentuk bulat atau oval yang mana ukuran bercak tersebut semakin lama semakin memanjang dan menyebar membentuk elips baru kemudian berubah menjadi nekrotik atau yang disebut dengan hawar dengan warna hijau keabu – abuan semakin lama warnanya menjadi kecokelatan.

Busuk Pelepah

Busuk Pelepah merupakan Penyakit padaah jagung selanjutnya, penyakit ini sering kali menyerang area - area di pelepah daun pada tanaman jagung. Gejalanya diawali dengan munculnya beberapa bercak yang berwarna agak merah kecolataan, bercak akan terus membesar dan akan semktin meluas.

Penyakit bulai

Penyakit bulai adalah Salah satu penyakit yang menyerang tanaman jagung ketika usia tanaman masih muda, yaitu sekitar umur 1-2 Minggu setelah tanam. Penyakit bulai akan menghambat pertumbuhan tanaman jagung terutama perkembangan tongkol jagung.

Busuk batang

Faktor terjadinya busuk batang dikarenakan adanya cendawan yang beragam jenisnya, seperti Diplodia maydis, cephalosporium acremonium, macrophomina phaseolina dan sebagainnya. Penyakit busuja batang akan berakibat pada matinya tanaman jagung sehingga gagal panen.

Karat daun

Penyakit lainnya yang menyerang tanaman jagung adalah karat daun atau nama lainnya Puccinia polysora, penyakit ini ditandai dengan munculnya banyak bercak yang berwarna cokelat pada daun dan semakin lama semakin menyebar. Jika tanaman jagung yang terserang penyakit ini tidak segera di kendalikan maka daun pada tanaman jagung akan menjadi layu dan akhirnya kering.

Penyakit gosong

Penyakit gosong adalah salah satu penyakit yang menyerang tanaman jagung, penyakit ini yang menyebabkan bentuk dari tanaman dan hasil jagung gosong yang disebabkan bakteri dan cendawan sehingga jagung - jagung tersebut tidak layak untuk di perjual belikan.

Kerdil jagung

Virus benam maize dwarf mosaik merupakan virus yang menyebabkan tanaman jagung menjadi kecil atau kerdil, tanaman jagung akan sulit atau terhambat perkembangannya.

Bercak daun

Salasatu penyakit yang menyebabkan tanaman jagung layu dan mati setelah 3-4 minggu adalah penyakit bercak daun.

Demikian daftar penyakit-penyakit tanaman jagung yang sering menyerang, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan seputar pertanian terutama tentang penyakit apa saja yang menyerang tanaman jagung.

No comments

Post a Comment