Monday, October 9, 2017

Inilah ciri bawang merah siap dipanen

Bawang merah merupakan salahsatu komoditi yang sangat dicari damm dibutuhkan oleh masyarakat, oleh sebab itu jika terjadi gagal panen ata... thumbnail 1 summary

Bawang merah merupakan salahsatu komoditi yang sangat dicari damm dibutuhkan oleh masyarakat, oleh sebab itu jika terjadi gagal panen atau cuaca yang tidak mendukung harga bawang bisa melonjak naik.


Bawang Merah (Allium cepa var. aggregatum)
Pernah terpikir mencoba menanam bawang dirumah? Kita sudah pernah, apakah sudah tau ciri-ciri tanaman bawang sudah siap dipanen? Pada umumnya umur panen dari tanaman bawang merah adalah sekitar 2 sampai 3 bulan dari waktu bertanam tergantung varietas bawang apa yang ditanam.

Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman bawang merah sudah siap dipanen.
  1. Kebanyakan daun tanaman bawang sudah mulai berjatuhan / rebah di tanah
  2. Tanaman bawang yang siap dipanen daunnya akan mengering dan berwarna kuning pucat.
  3. Pangkal batang tanaman bawang merah lemas.
  4. Buah bawang berwarna merah dan teksturnya keras.
  5. Jika sudah siap dipanen, buah dari bawang merah akan menimbulkan aroma yang khas dari bawang merah.
Cara memanen bawang dilakukan dengan mencabut tanaman tersebut. Tiap umbi bibit bawang merah dapat menghasilkan produksi antara 4 s/d 6 umbi anakan. Panen bawang merah dapat mencapai rata-rata dalam satu hektar lahan bisa menghasilkan sekitar 3-12 ton bawang merah dengan rata-rata hasil nasional mencapai 9,47 ton per hektarnya.

Sebelum dipasarkan umbi bawang merah yang sudah dipanen akan melalui proses pengeringan terlebih dahulu dengan tujuan menurunkan kadar air. Untuk mengerikan bawang merah bisa dilakukan dengan proses penjemuran selama 7-14 hari. Bila kadar air pada bawang telah turun menjadi 85% berarti bawang sudah kering dan siap untuk dipasarkan.

No comments

Post a Comment