Saturday, October 7, 2017

Ciri - ciri Semangka yang Manis atau tidak

Cara memilih Semangka yang manis - Banyak sekali kita temui penjual semangka dipinggir jalan ataupun di supermarket. Biasanya jika menemu... thumbnail 1 summary

Cara memilih Semangka yang manis - Banyak sekali kita temui penjual semangka dipinggir jalan ataupun di supermarket. Biasanya jika menemukan semangka di supermarket ada dua jenis yang dijual, yang pertama bulat utuh dan yang kedua yang sudah dibelah siap dimakan, untuk membelinya apakah kita tahu semangka yang dipajang itu manis atau tidak?


Semangka (Citrullus lanatus)
Artikel kali ini akan membagikan tips cara memilih buah semangka yang manis menurut fisik dari semangka itu sendiri, untuk lebih jelas berikut adalah ciri-ciri semangka manis atau tidak.

1. Berat Semangka

Jika kita membeli semangka pilihlah yang berat, karena semangka yang sudah matang akan terkadung air yang lebih banyak jika dibandingkan semangka yang masih mentah

2. Kulit buah terasa kencang

Jika kita memilih semangka yang manis carilah semangka yang mempunyai kulit yang terasa keras dan kencang, karena kulit buah yang keras dan kencang ini menandakan buah sudah matang, jika dibandingkan dengan yang masih mentah akan terasa beda.

3. Periksa tangkai buah

Tangkai ini dirasa penting untuk menentukan semangka itu manis atau tidak, pilihlah tangkai buah sudah tua atau secara fisik tangkai mengecil. Hal tersebut menandakan semangka sudah siap dipanen dan sudah tua.

4. Warna kulit buah lebih gelap

Sebenarnya warna kulit buah sulit di bedakan, namun jika kita ingin memilih semangka yang sudah tua pilihlah yang mempunyai warna kulit buah yang lebih gelap. Warna kulit buah bisa saja sebagian berwana cerah, itu karena buah semangka tidak terkena cahaya matahari sebab itu warnanya lebih terang, warna terang tersebut bukan berarti masih muda untuk memastikan periksa tips no. 2

5. Pilih yang mempunyai warna biji yang hitam gelap

Cara ini lebih efektif menentukan semangka itu manis atau tidaknya. Mungkin untuk membeli satu bulat cukup sulit melihat bijinya tetapi jika membeli disupermarket ada sebagian semangka yang sudah dibelah untuk dijual. Carilah yang seluruh bijinya memiki warna hitam pekat.

Demikian tips tentang ciri-ciri semangka manis atau tidak, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan akhirkata saya ucapkan terima kasih dan salam pertanian.

1 comment

  1. nice info gan :)
    visit me bakuk dot us, media informasi kesehatan

    ReplyDelete